Apakah Anda memiliki botol bekas dalam jumlah yang banyak di rumah? Apakah Anda bingung dan kesulitan untuk mengatasinya? Cobalah manfaatkan botol-botol bekas tersebut sebagai wadah untuk menanam sayur di botol bekas.

Ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menanam sayur di botol bekas, yaitu menghindari sampah botol yang menumpuk karena dapat didaur ulang, ikut menjaga dan memelihara lingkungan, lebih mudah diatur dan dipindahkan, serta lebih hemat biaya.

Selain itu, menanam sayur di botol bekas juga tidak memerlukan lahan yang luas sehingga sangat cocok dilakukan oleh Anda yang memang tinggal di perkotaan.

Botol bekas juga bisa dimanfaatkan untuk bikin hidroponik sederhana dirumah. Atau bisa juga untuk nanam sayur pakai media tanah dan sumbu seperti gambar dibawah ini.

Apa Saja Ya Sayuran Yang Dapat Ditanam?

Meskipun dapat menjadi solusi jitu untuk Anda yang tinggal di perkotaan, tidak semua sayur dapat ditanam di botol bekas. Hal ini dikarenakan botol yang luasnya memang terbatas, berbeda dengan menanam sayur di polybag yang bisa dipilih ukuran kantongnya.

Lalu, sayuran apa saja yang dapat ditanam di botol bekas?

1. Bayam

Anda hanya perlu waktu sekitar 15 hari untuk menikmati hasil panen bayam di botol bekas. Bayam akan tumbuh sempurna jika terpapar cukup sinar matahari dan tidak boleh lebih dari 7 jam sehari.

Selain itu, Anda juga harus menyiramnya secara rutin 2 kali sehari saat masih berbentuk kecambah dan 1 kali sehari hingga dewasa.

2. Daun Bawang

Untuk menanam daun bawang di botol bekas, Anda harus memotong bagian bawah yang ada akarnya kurang lebih 2 hingga 3 cm, lalu meletakkannya di dalam botol bekas berisi air. Agar tumbuh sempurna, Anda harus meletakkan botol di tempat yang cukup mendapatkan cahaya matahari.

Jangan lupa untuk mengganti air saat mulai terlihat keruh secara rutin.

3. Kangkung

Kangkung menjadi salah satu sayuran yang mudah ditanam di botol bekas. Anda cukup meletakkan bibit kangkung di dalam botol bekas dengan media tanam yang gembur, lakukan pemupukan dan penyiraman secara rutin, lalu bersihkan kangkung dari gulma-gulma yang mengganggu.

4. Sawi

Sawi juga menjadi sayuran yang dapat ditanam di botol bekas. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda harus menyiapkan bibit sawi, menanamnya di dalam botol bekas, merawatnya dengan baik, dan meletakkannya di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari.

5. Selada

Untuk menanam selada di botol bekas, Anda harus membuang semua daunnya dan memotong batang yang ada akarnya kurang lebih 3 inci dari bagian bawah. Lalu, meletakkan batang tersebut di dalam botol bekas yang sudah diisi air, meletakkannya di tempat yang mendapatkan cukup sinar matahari, dan mengganti airnya setiap 1 atau 2 hari.

Agar hasilnya semakin maksimal, pindahkan selada ke media tanam yang lebih besar saat daunnya muai banyak.

6. Selain kelima sayuran di atas, cabai, terung, dan tomat juga dapat ditanam di botol bekas.

Cara Menanam Sayur Di Botol Bekas

Jika tertarik dan ingin menanam sayur di botol bekas, Anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini.

  1. Siapkan peralatan berupa botol air mineral bekas, cutter atau gunting, dan kain flannel yang sudah dipotong.
  2. Siapkan bahan berupa media tanam yang akan digunakan dan bibit sayuran yang akan ditanam.
  3. Potong botol bekas menjadi 2 bagian dengan menggunakan cutter atau gunting. Sebelom dipotong, Anda harus membuka tutupnya terlebih dahulu. Usahakan potongan bagian atas lebih pendek dari bagian bawah.
  4. Lubangi kedua pinggir dekat tutup botol, lalu selipkan potongan kain flannel. Biarkan kedua ujung kain menjuntai ke bawah.
  5. Selain lubang untuk menyelipkan kain flannel, Anda juga harus membuat lubang sebagai jalan akar sayuran.
  6. Letakkan bagian atas botol di bagian bawah botol secara terbalik sehingga bagian corong menghadap ke bawah.
  7. Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah botol sebagai lubang drainase. Hal yang harus Anda ingat saat melubangi bagian bawah botol adalah jangan membuat lubang yang besar.
  8. Isi botol dengan air bersih, masukkan media tanam yang ingin digunakan, dan masukkan bibit sayuran yang akan ditanam.
  9. Rawatlah sayuran yang Anda tanam di botol bekas dengan baik dan benar.

Itulah cara menanam sayur di botol bekas yang dapat Anda lakukan di rumah. Apakah Anda tertarik dan ingin melakukannya?