Berkebun sayur di polybag itu selain mudah dan juga bisa dilakukan dimana saja, cara ini juga lebih aman dari pestisida dan dapat mengisi waktu luang. Cara ini juga lebih murah dibanding menanam sayur dengan sistem hidroponik.

Hampir setiap hari, para ibu rumah tangga atau mungkin Anda membeli sayuran dan bumbu-bumbu dapur untuk memasak. Hal seperti ini tentunya sangat berpengaruh pada pengeluaran Anda. Untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat menaman sayuran dan bahan dasar bumbu dapur di rumah dengan menggunakan polybag.

Untuk berkebun sayur di polybag, Anda membutuhkan plastik sebagai pengganti pot yang diberi lubang-lubang berukuran kecil untuk sistem sirkulasi udaranya.

Menaman sayuran di polybag memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih hemat pupuk, lebih mudah dipelihara, lebih murah, lebih praktis, mudah dipindahkan, dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Selain itu, berkebun sayur juga dapat dilakukan dalam skala kecil hingga menengah.

Tahapan Berkebun Sayuran Di Polybag

Berkebun sayuran dengan menggunakan polybag dapat menjadi solusi jitu untuk Anda yang tinggal di perkotaan, mengingat lahan-lahan kosong sudah dipenuhi oleh gedung-gedung bertingkat. Jika tertarik untuk berkebun sayur di polybag, Anda dapat mengikuti tahapan berikut ini.

1. Tahap Persiapan Media Tanam

Untuk berkebun sayuran dengan menggunakan polybag, Anda membutuhkan media tanam sebagai tempat tumbuh dan penyedia nutrisi tanaman. Media tanam yang baik adalah media tanam yang memenuhi beberapa persyaratan, antara lain:

  • Bebas Dari Bibit Penyakit.

Dalam hal ini, media tanam tidak harus benar-benar steril karena di dalamnya juga terdapat mikroorganisme-mikroorganisme yang bermanfaat untuk pertumbuhan sayuran.

  • Menyediakan Ruang Untuk Akar Tumbuh Dan Dapat Menopang Sayuran.

Agar akar dapat tumbuh dengan baik dan dapat menopang sayuran, media tanam haruslah gembur.

  • Menyediakan Unsur Hara Yang Baik Secara Mikro Dan Makro

Unsur hara memegang peranan penting dalam pertumbuhan sayuran yang Anda tanam. Unsur hara ini dapat berasal dari mikroorganisme di dalam media tanam atau dari pupuk yang Anda berikan.

  • Porositasnya Baik

Dalam hal ini, media tanam harus dapat menyimpan air sekaligus memiliki kemampuan untuk mengalirkan oksigen (aerasi) dan kemampuan untuk mengalirkan air (drainase) yang baik.

2. Tahap Persiapan Bibit Sayuran

Tahap selanjutnya adalah persiapan bibit sayuran yang ingin ditanam. Pada tahap ini, Anda sangat dianjurkan untuk memilih bibit sayuran berkualitas baik.

Ciri-ciri bibit sayuran berkualitas baik adalah akarnya banyak, cepat tumbuh, kukuh, tidak layu, dan berwarna hijau, produktivitasnya tinggi, tahan terhadap serangan hama, tahan terhadap perubahan iklim, tidak mati saat dipindahkan, dan pertumbuhan bibit serempak.

3. Tahap Penanaman

Setelah media tanam dan bibit sayuran disiapkan, Anda dapat memulai tahap penanaman. Letakkan bibit di bagian tengah polybag yang sudah dilubangi dengan kedalaman sekitar 5 cm. Kemudian, tutupi bagian tepi bibit dengan media tanam hingga merata.

4. Tahap Perawatan

Hal lain yang harus Anda lakukan saat berkebun sayur di polybag adalah merawatnya dengan baik dan benar. Anda harus membasmi hama, membersihkan gulma di sekitar sayuran, dan menyiramnya secara teratur pada sore hari.

Bahan-Bahan Media Tanam Yang Dapat Digunakan

Media tanam menjadi salah satu hal penting dalam berkebun sayur di polybag. Untuk membuat media tanam, ada beberapa bahan yang dapat Anda gunakan, di antaranya:

Arang Sekam

Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan arang sekam, seperti memperbaiki struktur media tanam, menetralkan racun, menetralkan tingkat keasaman tanah, merangsang pertumbuhan mikroorganisme baik, meningkatkan daya ikat tanah terhadap air, dan meningkatkan porositas.

Humus

Humus memiliki kandungan hara yang tinggi sehingga sangat baik digunakan pada media tanam. Untuk mendapatkan humus berkualitas baik, Anda dapat mencarinya di sekitar tanaman pakis.

Kompos

Penggunaan kompos yang sudah matang pada media tanam dapat meningkatkan kapasitas tukar kation dan dapat memperbaiki struktur tanah.

Sabut Kelapa

Jika Anda tinggal di daerah kering dengan curah hujan yang rendah, menggunakan media tanam sabut kelapa tua menjadi pilihan yang sangat tepat.

Tanah

Tanah gembur menjadi pilihan terbaik untuk berkebun sayuran di polybag. Jika ingin menggunakan tanah, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan bagian top soil-nya.

Itulah tahapan dan bahan-bahan media tanam untuk berkebun sayur di polybag. Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba!