Cara membuat kompos dari sisa dapur cukup mudah dan sederhana sehingga semua orang, termasuk Anda, dapat melakukannya sendiri di rumah. Ada 9 langkah sederhana untuk membuat kompos sendiri dirumah. Mari simak penjelasan dibawah ini.

Apakah setelah memasak Anda akan langsung membuang sampah dapur? Atau, apakah Anda akan langsung membuang sisa-sisa makanan yang sudah tidak layak konsumsi ke tempat sampah? Mulai sekarang, cobalah untuk mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti membuatnya menjadi pupuk kompos.

Kompos adalah pupuk organik yang terbuat dari penguraian sisa-sisa hewan dan tanaman dengan bantuan organisme pengurai, seperti makroorganisme atau mikroorganisme. Sisa-sisa hewan dan tumbuhan dapat berasal dari sisa dapur.

Jenis-Jenis Kompos

Ada 3 aspek yang membedakan jenis-jenis kompos dalam bidang pertanian, yaitu dari bentuknya (kompos cair dan kompos padat), dari dekomposernya (menggunakan makroorganisme dan mikroorganisme), serta dari proses pembuatannya (kompos anaerob dan kompos aerob).

Dari ketiga aspek tersebut, berikut adalah kompos yang banyak dan umum digunakan di bidang pertanian.

1. Vermikompos

Untuk membuat kompos jenis ini, Anda membutuhkan bantuan belatung atau cacing tanah. Kotoran yang dihasilkan oleh makroorganisme tersebut akan menjadi vermikompos.

2. Kompos Organik Cair

Kompos atau pupuk organik cair ini lebih mudah diserap oleh tanaman, terutama pada bagian daun. Meskipun demikian, Anda harus menggunakan takaran yang tepat saat menyemprotkannya. Jika berlebihan, daun tanaman justru akan cepat layu.

3. Kompos Bokashi

Kompos jenis bokashi ini termasuk kompos anaerob dengan ciri khasnya, yaitu inokulan EM4 sebagai starter-nya.

4. Kompos Aerob

Untuk membuat kompos jenis ini, Anda harus melibatkan oksigen dan memerlukan waktu sekitar 40 hingga 50 hari.

Ini Dia Sisa Dapur Yang Dapat Dijadikan Kompos

Cara membuat kompos dari sisa dapur memang cukup mudah dan sederhana karena Anda hanya memerlukan sisa makanan yang sudah tidak layak konsumsi sebagai bahan utamanya. Adapun sisa dapur yang dapat dijadikan kompos adalah:

  1. Air bekas mencuci beras.
  2. Bumbu dapur yang sudah kedaluwarsa.
  3. Cangkang telur.
  4. Kertas atau tisu bekas.
  5. Kulit bawang.
  6. Kulit pisang.
  7. Lapisan kulit kacang.
  8. Sisa daging dan sayuran yang sudah busuk.
  9. Ciri-Ciri Kompos Yang Berkualitas Baik

Saat membuat kompos, terutama saat pertama kali, Anda pasti ragu akan hasilnya. Kompos yang dibuat akan memiliki kualitas baik atau tidak. Adapun kompos yang berkualitas baik dapat dilihat dari ciri-cirinya, di antaranya:

  • Memiliki efek yang baik pada tanah.
  • Memiliki suhu yang hampir sama dengan suhu lingkungan.
  • Tidak bau.
  • Tidak larut di dalam air.
  • Berwarna seperti tanah (cokelat tua hingga hitam).

Cara Membuat Kompos Dari Sisa Dapur

Setelah memasak atau saat melihat sisa makanan yang sudah tidak layak konsumsi, Anda pasti langsung membuangnya ke tempat sampah. Hal ini tentu saja akan membuat jumlah sampah yang dihasilkan semakin banyak. Untuk menguranginya, Anda dapat memanfaatkan sisa-sisa tersebut menjadi kompos.

Cara membuatnya memang cukup mudah dan sederhana. Semua orang, termasuk Anda, pasti dapat melakukannya. Berikut adalah cara membuat kompos dari sisa dapur di rumah.

  1. Kumpulkan sisa-sisa dapur, kemudian pisahkan berdasarkan jenisnya (anorganik dan organik).
  2. Cacah sisa dapur organik menjadi bagian-bagian kecil. Hal ini akan memudahkan proses penguraian.
  3. Siapkan wadah, seperti ember plastik dengan penutupnya.
  4. Buat lubang-lubang kecil bagian bawah ember. Anda dapat menggunakan obeng yang bagian ujungnya dipanasi api. Pembuatan lubang-lubang ini bertujuan untuk mengalirkan air yang berlebih saat sampah basah.
  5. Letakkan wadah di atas penyangga agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai.
  6. Masukkan sisa dapur organik yang sudah dicacah, campurkan dengan EM4, aduk hingga rata, kemudian tutup wadah.
  7. Jika ingin membuat kompos baru, cukup masukkan sisa dapur baru ke dalam wadah yang berisi sisa dapur lama tanpa menambahkan EM4, aduk hingga rata, kemudian tutup.
  8. Aduk kompos secara rutin setiap 1 minggu sekali.
  9. Setelah 5 hingga 6 minggu, kompos siap digunakan dan pastikan sudah tidak mengeluarkan bau busuk.

Itulah cara membuat kompos dari sisa dapur di rumah. Dengan cara seperti ini, Anda dapat mengurangi jumlah sisa dapur yang dihasilkan. Tertarik untuk mencobanya? atau bahkan Anda sudah punya pengalaman dalam hal pembuatan kompos sendiri, yuk berbagi dikolom komentar?