Cara membuat vertical garden dari paralon tidaklah sesusah yang kita bayangkan, hanya perlu alat2 sederhana yang pasti sudah anda punya, mari kita simak detail pembuatannya nya disini.

Banyak orang, mungkin termasuk Anda, mendambakan rumah yang dilengkapi dengan taman, baik di bagian depan maupun di bagian belakang. Taman tersebut dapat membuat rumah terlihat lebih asri, lebih hijau, dan lebih sejuk.

Selain itu, taman juga dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan berkumpul dengan orang-orang yang disayangi.

Memiliki rumah dengan taman yang cukup luas memang sangat menyenangkan. Tetapi, bagaimana dengan Anda yang tinggal di wilayah perkotaan atau di perumahan dengan lahan terbatas? Apakah memiliki rumah yang dilengkapi dengan taman hanya menjadi impian belaka?

Meskipun tinggal di wilayah perkotaan atau di perumahan, Anda tetap dapat memiliki taman impian di rumah. Dengan memanfaatkan keterbatasan lahan, ketersediaan alat seperti paralon, dan bahan, serta kreativitas, Anda dapat membuat vertical garden yang indah.

Manfaat Vertical Garden

Sebelum membahas tentang cara membuat vertical garden dari paralon, Anda harus mengetahui manfaat dari vertical garden. Apa sajakah itu?

1. Dapat Membuat Tampilan Rumah Lebih Menarik

Meskipun memiliki rumah dengan gaya minimalis, Anda tetap dapat membuatnya terlihat lebih menarik. Salah satunya adalah dengan membuat vertical garden.

2. Dapat Melindungi Bagian Eksterior Rumah

Tanaman-tanaman yang dijadikan vertical garden dapat dipadukan dengan material fascade apa saja. Dengan begitu, vertical garden tersebut dapat melindungi bagian eksterior rumah, termasuk warna cat, dari sengatan sinar matahari dan hujan.

3. Dapat Menyaring Udara Kotor

Tanaman yang ada di vertical garden dapat menyaring udara kotor sehingga akan menghasilkan oksigen yang baik di rumah Anda.

4. Memiliki Sifat Isolasi Terhadap Sinar Matahari

Vertical garden memiliki sifat isolasi terhadap sinar matahari sehingga udara di dalam rumah akan terasa sejuk dan tidak panas.

Kenali Apa Saja Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk membuat vertical garden yang diinginkan, Anda dapat memanfaatkan alat dan bahan yang ada, bahkan yang sudah tidak terpakai. Adapun alat dan bahan yang diperlukan adalah:

  • Baut
  • Bibit tanaman yang ingin ditanam
  • Bor
  • Gergaji pipa atau besi
  • Kawat untuk pengait
  • Meteran
  • Paralon yang diameter dan panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan
  • Pisau cutter
  • Selotip kertas

Cara Membuat Vertical Garden Dari Paralon

Setelah menyiapkan peralatan dan bahan yang diperlukan, Anda dapat mulai bekerja. Berikut adalah cara membuat vertical garden dari paralon yang mudah.

1. Menentukan Tempat

Sebelum mulai membuat vertical garden, Anda harus menentukan tempatnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menentukan besarnya dimensi dan akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

2. Memotong Dan Membuat Tanda Pada Paralon

Selanjutnya, Anda harus memotong paralon dengan ukuran yang diinginkan dan menandainya dengan menggunakan selotip kertas. Buatlah tanda pada paralon seperti ruas-ruas bambu dengan jarak 25 atau 40 cm. Iris tanda-tanda tersebut dengan menggunakan gergaji, tetapi tidak sampai benar-benar terpotong.

3. Memanaskan Paralon

Setelah itu, Anda dapat memanaskan bagian yang diiris. Hal ini bertujuan agar bagian tersebut menjadi lunak.

4. Melubangi Paralon

Dalam kondisi lunak, Anda dapat melubangi bagian permukaan paralon yang diameternya disesuaikan dengan keinginan. Lubang-lubang yang Anda buat akan digunakan sebagai tempat meletakkan bibit tanaman. Jangan lupa, lubangi juga bagian bawah paralon sebagai tempat air mengalir agar tidak tergenang.

5. Membuat Pengait

Agar terlihat lebih indah dan menarik, Anda dapat menggantungkan vertical garden di dinding atau tempat yang diinginkan. Lubangi bagian atas kiri dan kanan paralon, kemudian selipkan kawat yang panjangnya disesuaikan sebagai pengait.

6. Finishing

Untuk finishing, Anda dapat mewarnai paralon-paralon yang digunakan atau membiarkannya dengan warna aslinya sehingga akan terlihat lebih natural.

7. Mulai Menanam

Selanjutnya, Anda dapat mulai proses penanaman. Isikan paralon-paralon tersebut dengan media tanam dan bibit tanaman yang diinginkan. Agar hasilnya sempurna, lakukan perawatan, seperti pemberian pupuk dan penyiraman, secara teratur.

Itulah cara membuat vertical garden dari paralon beserta alat dan bahan yang Anda perlukan. Sangat mudah, bukan? Selamat mencoba!