Saat ini menanam tanaman tidak memerlukan media yang terlalu luas atau lebar. Cukup dengan menggunakan sistem hidroponik, maka tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Cara menanam lettuce hidroponik memiliki beberapa langkah yang perlu diperhatikan.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang benar menanam lettuce dengan cara hidroponik. Tidak susah kok, semua orang bisa menanam lettuce asalkan tau trik nya.

1. Melakukan Penyemaian Benih

Seperti halnya tanaman hidroponik yang lainnya, cara menanam lettuce hidroponik adalah dengan melakukan penyemaian benih terlebih dahulu. Penyemaian benih dilakukan agar benih bisa ditanam dan Tumbuh dengan baik. Penyemaian benih bisa menggunakan media apa saja.

Apabila anda menggunakan media rockwool, memotong sesuai dengan ukuran yang diperlukan. Kemudian buatlah rockwool menjadi lembab lalu gunakan tusukan pada bagian tengah yang nantinya akan dibuat tempat benih yang hendak ditanam. Diamkan terlebih dahulu minimal 1 hari selanjutnya benih langsung bisa dikenakan sinar matahari.

2. Melakukan Pindah Tanam

Jangan lupa untuk menyediakan larutan yang digunakan sebagai nutrisi tanaman. Setelah penyemaian benih dilakukan selanjutnya Anda bisa melakukan pindah tanam ke media yang lain.

Syaratnya tanaman tersebut telah memiliki umur sekurang-kurangnya 2 minggu setelah semai. Selain itu syarat yang perlu diperhatikan adalah tanaman tersebut telah memiliki daun yang sejati. Apabila tanaman belum memiliki daun yang sejati maka anda belum bisa melakukan pindah tanam.

3. Melakukan Perawatan

Cara menanam lettuce hidroponik yang selanjutnya yaitu proses melakukan perawatan. Setelah benih lettuce selesai disemai kemudian juga telah selesai dilakukan pindah tanam. Maka selanjutnya hal yang harus dilakukan adalah melakukan perawatan. Perawatan sendiri dalam sistem hidroponik tidaklah sulit.

Caranya ialah dengan melakukan pengadukan air atau larutan yang telah bercampur dengan nutrisi setiap hari selama 1 kali. Hal tersebut merupakan cara yang digunakan Agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi yang seimbang. Cara menanam lettuce hidroponik yang tidak boleh diabaikan adalah peranan sinar matahari.

Usahakan tanaman diletakkan pada tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sehingga tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan normal dan baik. Mudahnya perawatan dalam sistem hidroponik ini menjadikan sistem ini lebih banyak diminati dan banyak digunakan oleh para budidaya tanaman titik Selain itu juga media tanam yang tidak menghabiskan banyak tempat.

4. Proses Pemanenan

Dalam proses panen lettuce juga memiliki beberapa aturan khusus. Cara menanam lettuce hidroponik memang bisa dibilang sederhana namun tetap memerlukan ketelitian sehingga tanaman bisa tumbuh dengan subur dan baik.

Pada saat panen pun lettuce memiliki ketentuan waktu. Biasanya apabila tanaman telah memiliki usia sekitar 30 sampai dengan 45 hari maka bisa segera dilakukan pemanenan. Berikut ini merupakan cara memanen lettuce hidroponik.

  • Sudah dijelaskan bahwa cara menanam lettuce hidroponik menggunakan media tanam rockwool. Maka dalam proses panennya pun Anda juga harus mengangkat sayuran beserta dengan rockwoolnya.
  • Kemudian bersihkan sayuran hingga Tidak terdapat kotoran atau media tanam yang masih menempel pada sayuran.
  • Perlu digarisbawahi bahwa dalam memanen tanaman lettuce ini Anda tidak boleh menunggu hingga terlalu tua. Jadi panen pada waktu yang tepat artinya tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Apabila pemanenan dilakukan pada saat sayuran tua, maka saat diolah nanti rasanya akan pahit.

Lettuce memang merupakan sayuran yang paling banyak di favorit kan di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi lettuce merupakan sayuran yang cocok dimakan bersamaan dengan sambal. Cara menanam lettuce hidroponik juga tidak terlalu rumit.

Hanya perlu melakukan penyemaian benih kemudian menyiapkan media tanam selanjutnya melakukan perawatan dan lettuce bisa dipanen tepat pada waktunya.

Meskipun demikian, cara menanam lettuce secara hidroponik juga harus disertai beberapa ketentuan. Misalkan saja benih yang disemai harus didiamkan dulu sedikitnya selama 1 hari. Kemudian pada saat pemanenan, lettuce harus berada dalam usia yang tidak terlalu tua agar rasanya tidak pahit.

Bagi Anda yang gemar memakan lettuce baik sebagai sayur ataupun sebagai lalap, maka bisa mencoba menanamnya sendiri dengan cara hidroponik daripada harus membelinya. Mengingat cara menanam lettuce secara hidroponik sangatlah mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar.