Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dan Bagus Warnanya

Cara merawat ikan cupang yang akan kita bahas disini bertujuan agar ikan cepet besar, bagus warnanya, dan mencegah dan ngobatin ikan yang sakit. Meskipun sama2 ngerawat, tapi agak sedikit beda lho detailnya.

Misal kalau mau ikan cupang biar cepet gede, itu makanannya beda lho kalau dibanding makanan atau diet ikan yang sedang “dibikin” bagus warnanya.

Quick Jump:

  1. Biar cepet gede
  2. Biar warna bagus
  3. Penyakit dan solusinya
  4. Kesimpulan

Masalah perkenalan sama ikan cupang gaperlu panjang lebar kali ya, kita semua sudah tahu lah ikan ini…meskipun sekarang jenis ikan cupang itu buuuuanyak buuuanget, namun pada dasarnya jenis2 itu bedanya hanya pada pola dan warna tubuhnya saja. Basicnya, ikan cupang ya sama seperti yang dulu…basicnya yaaa.

Kalau untuk perawatan ikan cupang sendiri sebenarnya tidaklah sulit, dia bukan termasuk ikan yang rewel akan pakan dan manja akan parameter air. Kita2 yang hobi ikan dari kecil tentu sudah tau, gimana badaknya ni ikan, sampe dipiara dibotol bekas wisky yang gepeng itupun, tanpa ganti air berminggu-minggu, masih idup no problemo.

Tapi meskipun hidup, tentu tidak bisa maksimal baik pertumbuhan dan warna nya, dan mungkin juga ketahanan tubuhnya terhadap penyakit juga berkurang.

Masalah ketahanan tubuh ato kebadakan ikan cupang, ikan2 yang asli dari liar lebih tahan banting dibanding hasil breeding kayaknya deh, coba tinggalin komentar kalau kamu tau pastinya.

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Kalau kamu mau ikan cupangmu cepet besar, ada beberapa cara yang bisa membantu boosting pertumbuhan ikan cupangmu. Cara ini berlaku bagi penghobi ato konsumen akhir ya, kalau buat peternak ikan cupang ya boleh saja sih pake cara2 berikut, tapi agan2 pasti lebih banyak tahu daripada kami…

Berikut adalah cara merawat ikan cupang biar dia cepet gede:

1. Wadah yang pas, jangan terlalu gede karena ikan cupangmu bakal kesulitan menemukan pakannya, jangan juga kekecilan yang mengakibatkan dia kayak terpenjara duniawi, kasian…

Ukuran wadah yang tepat menurut kami adalah wadah berukuran 15 x 15 Cm, tinggi airnya 15 – 20 cm saja, jangan lebih. Pake wadah kaca lebih bagus karena gak gampang berubah suhunya mengikuti suhu luar, pake toples plastik ya boleh saja sih.

2. Kasih makan pakan hidup, bukan pelet, biar cepet gede dia. Meskipun pelet pakan ikan cupang sekarang ini banyak yang bagus2, tapi belum ada yang bisa mengalahkan kebagusan pakan hidup.

Pakan hidup yang paling bagus menurut kami adalah kutu air dan jentik nyamuk. Kutu air bisa dikultur, sedang jentik nyamuk bisa nyari di selokan, jangan lupa dibersihkan dengan cara dibilas pake air mengalir sebelum dikasihkan ke ikanmu ya.

3. Rajin ganti air, untuk ngejar pertumbuhan maksimal ikan cupang, kita harus kasih pakan yang ekstra, jangan sayang2 kasih makannya. Nah karena makannya banyak, PUP dan sisa2 makanannya juga jadi banyak kan? makanya penggantian air wajib hukumnya kalau sedang ngejar pertumbuhan.

Kalau nggak sering ganti air, ikan kita bisa keracunan amonia dan gajadi gede, tapi malah mati. Penggantian air sehari sekali 50% pake air yang sudah “tua” atau sudah diendapkan. Dicampur pakai air daun ketapang lebih bagus.

Hanya itu saja sih, cara merawat ikan cupang agar cepat besar. Kalau 3 komponen tadi terpenuhi, kemungkinan besar pertumbuhan ikan cupangmu bakal melejits.

Perawatan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus

Untuk masalah warna ikan cupang, pakan memanglah masih komponen utama yang jadi penentu bagus nggaknya warna ikan, namun berbeda dengan pakan untuk pembesaran ikan cupang, pakan untuk warna itu beda.

Kalau untuk warna, berikut ini adalah point2 yang perlu kita perhatikan untuk mencapai hasil maksimal:

1. Kasih pakan yang mengandung spirulina, sama seperti ikan koi dan ikan2 lainnya. Kandungan spirulina dalam pakan terbukti mampu meningkatkan kualitas dan intensitas warna mereka.

Pakan ber spirulina ini dipakai sebagai selingan saja, jangan full dikasih pelet spirulina, bisa stress dia. Sehari sekali sudah cukup kok.

2. Kasih air daun ketapang, selain berfungsi sebagai anti parasit, anti jamur, anti bakteri, dan anti hal2 jelek lainnya, air daun ketapang juga terbukti mampu meningkatkan kualitas warna ikan cupang kita.

Selalu kasih air yang sudah di treatment dengan daun ketapang kalau sedang ganti air. Kita bisa bikin sendiri larutan daun ketapang ini atau beli yang sudah berbentuk tetes juga ada. Bikin sendiri saja sih…murah, nih ada caranya kalo mau bikin.

3. Jemur ikan cupangmu, gausah lama2, 5 menit saja sudah cukup, atau 15 menitan kalau lagi mendung. Menjemur ikan cupang berfungsi untuk meningkatkan kesehatannya secara general, dan juga bisa bikin warnanya lebih bersinar.

4. Latihan flaring / ngedok. Dengan latihan tarung menjadikan tulang dan kulit ikan cupang meregang dengan sempurna, dan itu bisa bikin bentuk sirip dan warna keseluruhan jadi lebih sempurna.

5. Ganti air tetep harus, tapi tidak sesering saat kita kejar pertumbuhan. Cukup 3 hari atau seminggu sekali sudah cukup. Biar segerrr aja dia…

Kayaknya itu aja cara merawat ikan cupang biar warnanya bagus, kalau agan2 punya ilmu pamungkas terpendam warisan leluhur tentang cara bikin bagus warna ikan cupang, sudah saatnya dibagi2 via komentar gan ah…barokah.

Penyakit Ikan Cupang dan Obatnya

Kalau bicara tentang cara merawat ikan cupang, gak lengkap kalau gak ngomongin penyakitnya. Ya perawatan kan memang termasuk pengobatan gan.

Mengutip web KKP tentang penyakit2 ikan cupang, ada 8 penyakit yang umum ditemui pada ikan Cupang, berikut penjelasan singkat mengenai penyakit ikan cupang dan cara mengatasinya.

1. White Spot, penyebabnya air kotor dan pakan yang tidak bersih, ciri2nya sisik berbintik putih, warnanya pucat, serta sirip dan ekornya menguncup.

Penanganannya adalah dengan cara ganti air total, tambahkan obat biru dan garam ikan pada air baru. Sakit white spot bisa dicegah dengan rajin berjemur gan.

2. Infeksi jamur, penyebabnya sama kek white spot, air dan pakan kotor. solusinya juga sama, namun banyak yang bilan karantina pake air ketapang manjur obati infeksi jamur.

3. Velvet / bintik emas karatan, hampir sama kek white spot, namun bukan putih spotnya, melainkan coklat keemasan hampir kayak karat. Solusinya lagi2 garam ikan dan larutan air ketapang.

4. Fin Rot (sirip busuk), ciri2nya siripnya robek dan tepi nya berwarna putih, kayak busuk gitulah. Penyebabnya bakteri akibat kualitas air yang buruk. Solusinya…karantina pake antibiotik dan garam ikan.

Siripnya bakal numbuh lagi kok…

5. Pop Eye (mata bengkak), penyebabnya adalah bakteri yang tumbuh akibat kualitas air yang buruk, pop eye ini menular lho. Solusinya ya di karantina pake antibiotik dan garam ikan.

6. Berak Putih, seperti namanya, kotoran cupangmu warnanya putih dan gak copot2 dari anusnya. Kalau manusia mungkin kek cacingan kali ya. Penyebabnya parasit sejenis cacing nematoda (cacing gilig) yang bernama Ascaris Lumbricoides.

Solusinya kuras air total, ganti air plus garam ikan, dan lebih bagus kalau ditambahkan obat cacing khusus ikan seperti Acryflavine, Verminox, atau Worm X.

7. Ingsang Merah (Inflamed gills), ada juga yang menyebutnya sebagai ingsang terbakar. Penyebabnya keracunan nitrat, nitrat tinggi akibat air kotor (gitu singkatnya)

Soulisinya, ganti air dan tambahkan obat biru dan garam ikan, ganti air tiap 3 hari.

8. Dropsy (kulit nanas), cirinya perut buncit dan ingsang membalik menyerupai kulit nanas. Penyakit ini disebabkan bakteri akibat air kotor, sangat menular. Solisinya, ganti air dan tambahkan obat biru dan garam ikan, ganti air baru tiap 3 hari.

Kesimpulan

Meskipun ikan cupang tuh badak dan gak manja, namun kalau mau tumbuh secara maksimal ya memang harus di upayakan. Kita sudah bahas gimana biar cepet gede, biar warnanya cakep, dan penyakit2nya serta solusi kalau sakit.

Apa ada yang perlu ditambahkan lagi tentang cara merawat ikan cupang? Kalau agan2 ada tambahan, jangan sungkan2 komentar yak, terima kasih!

Leave a Reply

%d bloggers like this: