Bagi para pemula yang belajar bertanam pake hidroponik, maka hidroponik sistem Wick merupakan cara yang paling mudah. Hidroponik sistem Wick biasa disebut dengan sistem sumbu. Sumbu yang ada akan berguna untuk melakukan penyerapan, sehingga nantinya nutrisi akan terhubung antara penampungan dan media tanam.

Hidroponik sistem wick adalah salah satu cara yang tepat bagi Anda yang yang ingin mengembangkan tanaman namun tidak memiliki lahan yang cukup. Berbagai kelebihan bisa anda dapatkan ketika menggunakan sistem ini. Mulai dari kemudahannya, perawatannya yang tidak ribet dan juga.

Anda juga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Selain itu hidroponik sistem ini merupakan satu-satunya sistem yang paling mudah dipelajari dan diaplikasikan. Sangat cocok digunakan bagi Anda yang baru saja berkecimpung dalam dunia hidroponik.

Tetapi perlu diketahui tidak setiap tanaman bisa menggunakan sistem ini. Hanya tanaman-tanaman tertentu. Tanaman yang bisa hidup dengan kondisi air yang tidak terlalu banyak. Berkaitan dengan media tanah dan sebagainya Anda juga bisa menggunakan hal yang sama dengan teknik hidroponik lainnya.

Cara Bikin Hidroponik dengan Sistem Wick

Seperti sistem hidroponik lainnya, hidroponik sistem wick memiliki beberapa langkah yang harus dipraktekkan. Berikut ini merupakan langkah-langkah sederhana dari pengaplikasian sistem Wick untuk hidroponik.

  1. Mempersiapkan tempat yang digunakan sebagai wadah nutrisi. Usahakan tempat harus sesuai dengan ukuran tanaman. Terkait dengan tempat bisa menggunakan berbagai macam media.
  2. Pilih media tanam yang hendak digunakan titik media tanam ini terserah bisa menggunakan arang kerikil sabut kelapa dan masih banyak lagi
  3. Pada bagian bawah wadah yang digunakan untuk tanaman jangan lupa diberikan sumbu sumbu tersebut usahakan menyentuh air pada wadah yang berisi nutrisi. Anda bisa menggunakan nutrisi hidroponik. Terkait dengan nutrisi Anda bisa membelinya di toko obat tanaman.
  4. Jangan lupa sesuaikan juga kapasitas dan kondisi air yang digunakan. Dalam hal ini anda harus menyesuaikan pH air. Karena apabila pH air tidak sesuai maka akan berpengaruh terhadap tanaman titik bahkan bisa menyebabkan gagalnya sistem yang hendak digunakan.

Mudahnya Hidroponik Sistem Wick

Sistem ini disebut sederhana karena proses pengaplikasiannya yang mudah. Jadi apabila Anda masih pemula dan baru terjun di dunia hidroponik, maka bisa mencoba sistem ini untuk langkah awal.

Berikut ini merupakan beberapa kemudahan dan juga kelebihan yang akan didapatkan apabila menggunakan hidroponik sistem wick.

  • Prosesnya tidak bergantung pada ketersediaan listrik. Sehingga anda bisa melakukan proses hidroponik tanpa harus terkendala listrik.
  • Tidak perlu sering-sering melakukan penyiraman. Bahkan pada beberapa kondisi hidroponik dengan sistem ini tidak memerlukan penyiraman titik Hal ini tentu saja akan mempermudah anda dalam hal perawatannya.
  • Budget yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Beberapa Komponen yang berperan dalam hidroponik sistem wick ini memang terjangkau. Mulai dari wadah nutrisi saja. Kemudian juga media tanamnya yang mudah mulai dari sabut kelapa, Arang, dan masih banyak lagi.

Aturan Dalam Hidroponik Sistem Wick

Tentunya dalam suatu sistem yang digunakan untuk hidroponik, memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut nantinya akan berguna agar tanaman hidroponik anda tumbuh dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui.

  1. Upayakan selalu memeriksa jarak antar tanaman. Jangan terlalu dekat untuk tanaman yang tumbuhnya melebar. Tapi apabila tanaman tumbuhnya menjulang ke atas maka tidak mengapa.
  2. Upayakan jarak antara pot yang digunakan sebagai media tanam dengan air yang berisi nutrisi tidak terlalu jauh titik maksimal cukup satu cm. Apabila terlalu jauh maka dikhawatirkan akar tidak segera menyentuh cairan nutrisi hal tersebut tentunya akan berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman.
  3. Suhu yang ada pada larutan nutrisi harus dijaga dengan baik. Usahakan suhu berada diantara cara atau dalam rentang 24 derajat Celcius sampai 27 derajat Celcius maka dari itu jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan suhu. Suhu ini juga akan berpengaruh pada perkembangan tanaman.
  4. Salah satu hal yang juga tidak boleh dilewatkan adalah kinerja sumbu. Sumbu harus benar-benar mampu membasahi media tanam yang digunakan.

Jadi begitulah cara bikin hidroponik sistem wick atau sumbu, serta beberapa penjelasan mengenai hal2 penting untuk perawatannya. Bagaimana menurut anda, apakah layak untuk dibuat dirumah? atau kurang cocok untuk anda?

Mari kita diskusi mengenai hidroponik sistem wick dikolom komentar dibawah. Terima kasih…