Bagi anda yang hobi ikan hias air tawar, mungkin nama ikan cichlid Afrika sudah tidak asing lagi di telinga anda. Namun bagi orang awam yang belum mendalami benar dunia persilatan ikan hias pasti asing dengan ikan hias jenis ini. Bahkan banyak toko ikan hias juga tidak tahu apa itu ikan cichlids.

Padahal kalau anda tahu, ikan cichlid ini bukanlah salah satu jenis ikan, melainkan adalah family atau keluarga ikan dari cichlidae family.

Ikan dari keluarga cichlidae ini ada buuuanyak banget macam dan penampilannya, dari yang sekecil teri sampai yang segede kaki. penyebarannya juga luas banget, ada cichlid afrika, amerika dan asia.

Anda tahu ikan hias yang sangat populer yakni ikan louhan kan? itu ikan dari keluarga cichlid lho, ikan oscar, mujaer dan nila juga sama, jadi jenis ikan dari keluarga cichlidae ini memang buanyak banget. Namun kali ini kita akan fokus sama ikan cichlid afrika karena kecantikan dan keragaman ikan asli afrika ini sungguh memukau.

Kita akan bahas tentang semua hal yang perlu anda tahu termasuk beberapa jenis cichlid afrika yang populer, setting akuarium, bagaimana perawatannyadan sebagainya. Dilain kesempatan kita akan bahas keluarga cichlid dari daerah lain ya…

Sicantik Ikan Cichlid Afrika

ikan cichlid afrika

Bagi anda yang mau ikan hias akuarium yang penuh warna cerah ceria mirip dengan ikan air laut, maka ikan cichlid afrika adalah pilihan yang tepat bagi anda. Ada banyak jenis dengan beraneka warna dan pola yang menjadikan ikan ini bisa cocok bagi banyak selera orang.

Masing2 jenis juga punya perilaku dan kebiasaan yang unik dan menarik, jadi tidak membosankan seperti ikan hias predator yang cuman mondar mandir nunggu makanan. Sorry predator lovers 😋

Hampir semua ikan hias asal afrika berasal dari 3 danau utama disana, yakni danau Melawi, danau Victoria dan danau Tanganyika, namun ikan hias cichlid yang paling populer rata2 berasal dari danau melawi karena ikan didanau itu lebih kaya warna dibanding dua danau lainnya.

Ikan cichlid afrika termasuk galak lho, nggak segalak ikan predator memang, tapi kalau dicampur sama ikan yang lebih kecil kayak guppy atau neon misalnya, bukan jadi teman tapi bakal jadi makanan buat cichlid malahan.

Kelakuan kayak gini karena dihabitat alami mereka, ikan siklid ini sangat teritorial terutama saat musim kawin, mereka bakal bertarung mempertahankan area tempat kekuasaan mereka, siapa yang kuat bakal mengusir yang lemah atau bahkan membunuhnya, maka dari itu, kalau mau kasih tank mate buat ikan ini, pilihlah yang ukurannya sama atau lebih gede tapi gak agressive, kalau dikasih tank mate ikan kecil ya kenyang mereka.

Cara yang paling efektif untuk menghindari perkelahian mematikan adalah dengan menaruh mereka pada tank ukuran besar dengan banyak tempat persembunyian terutama batu2an dan goa2 an, dengan banyaknya tempat sembunyi dan luas area maka kemungkinan untuk mencari daerah kekuasaan juga bakal lebih banyak.

Dan buat ikan yang gak kebagian tempat atau ikan yang paling lemah, mereka bakal bisa lari dan sembunyi dengan lebih aman karena area yang luas.

Mudah Perawatannya

Ikan hias air tawar ini juga cukup mudah dipelihara lho, asalkan parameter airnya bener dia bakal hidup 5 sampai 8 tahun, cukup lama kan?

Ikan ini gerakannya lincah dan tingkahnya menyenangkan, kalau sudah menyesuaikan dengan kondisi akuarium atau terbiasa, mereka bakal mengikuti gerakan kita kalau ada orang lewat, mirip kayak louhan itu lho.

Tapi tingkah mereka yang kayak gitu bukan agresif sama kita tapi mau minta makan, kayak gak ada kenyangnya sih ni ikan, tapi ati2 jangan over feeding lho ya…

Oiyha, ikan ini suka banget menggali, umumnya sih buat nyari makan dan bikin tempat persembunyian baru, jadi jangan kaget kalau pasir substrat bakalan acak2an oleh perilaku alami mereka ini.

Tanaman air juga bakal jadi korban kelakuan nakal mereka lho, jadi lebih baik dekorasinya pake batu2an saja dan dikit tanamannya.

Mouthbrooder

Kebanyakan ikan cichlids ini adalah salah satu jenis ikan mouthbrooder, yang artinya dia mengerami telurnya didalam mulut sampai menetas. Setelah menetas dia memelihara dan menjaga anak2nya didalam mulut sampai besar atau tidak muat lagi tu mulut.

Ikan mouthbrooder paling umum yang anda pasti tahu adalah ikan nila.

Oke, mari kenalan sama beberapa jenis ikan cichlid afrika yang populer dipasaran ikan hias air tawar dunia. Pada dasarnya ikan hias air tawar asal afrika ini dikelompokkan berdasarkan dari danau mana mereka berasal, yakni malawi, tanganyika dan victoria, kita bahas beberapa secara singkat saja ya, kalau ada kasempatan lain kita bahas secara detail satu per satu…

A. Ikan Cichlid Dari Danau Malawi

Danau malawi adalah salah satu dari 3 danau besar di afrika, danau ini terletak di antara Malawi, Mozambik, dan Tanzania. danau ini dalam sekali dan memiliki kandungan mineral dan kadar PH yang tinggi, makanya kita sebagai pemelihara ikan asal danau malawi harus memperhatikan parameter air dan lingkungan sekitar supaya mendekati aslinya.

Dari danau inilah ikan cichlid yang penuh warna berasal, meskipun ada ratusan jenis (kurang lebih 250 jenis) cichlid yang berasal dari danau ini, namun para peneliti membagi dalam 3 golongan utama yakni Mbuna, Haplochromis, dan Astatotilapia.

1. Kelompok Mbuna

  • Ikan Lemon / Electric Yellow Cichlid (Labidochromis caeruleus)

ikan cichlid lemon

Yups…lemon yang banyak jadi ikan pertama hobiis akuarium ini adalah termasuk cichlids, warna kuning terang yang mirip buah lemon menjadikan orang menyebutnya begitu. Nama luarnya Yellow African dengan nama latin Labidochromis caeruleus.

Asal dari danau malawi di afrika, ukuran dewasa bisa mencapai 7 cm, tidak terlalu besar memang. Namun ikan ini cukup damai untuk bisa dicampur bareng2 dalam satu tank, jadi tampilan dalam akuarium bisa rame dan colorful.

  • Electric Blue Johanni (Melanochromis johannii)

electric blue johanni cichlids

Ikan kecil ini berukuran maksimal 10 cm saja, mas johanni ini adalah ikan yang sangat agresif untuk ukurannya, mereka perlu banyak ruang dan batu untuk bersembunyi. Substrat berpasir adalah yang yang paling ideal untuknya, hindari tanaman hidup karena akan dimakan.

Mereka harus disimpan dengan mbuna agresif lainnya dari Danau Malawi seperti Metiaclima zebra, Labidochromis caeruleus dan Synodontis catfish. Dia bisa hidup sampai dengan 10 tahun dengan perawatan yang tepat.

  • Ikan Maingano Cichlid

ikan cichlid maingano

Ikan ini berwarna biru gelap dengan garis-garis horizonal biru yang lebih terang. Betina akan memiliki perut berwarna lebih terang dan sirip perut lebih pendek. Tampilannya hampir mirip sama johanni cuman agak besar, kurang lebih bisa mencapai panjang maksimal 12 cm an lah.

Akuarium besar dengan banyak gua dan tempat persembunyian sangat ideal untuk ikan ini. Substrat berbasis aragonit direkomendasikan untuk menjaga pH dan alkalinitas yang diperlukan tinggi.

  • Dogtooth Cichlid (Cynotilapia afra)

ikan dogtooth cichlids

Ikan gigi anjing ini karakter dan ukurannya hampir sama dengan johanni, hanya pola warnanya saja yang berbeda.

  • Ikan Demasoni Cichlid

ikan demasoni cichlids

Demasoni ini adalah ikan yang sangat aktif dan menyenangkan karena dia suka melakukan berbagai trik seperti berenang melalui tepi batu dan di berbagai sudut aneh.

Tubuhnya ditutupi dengan garis-garis dalam berbagai nuansa biru. Ikan ini hampir sama dengan dogtooth cichlids, tapi si demasoni ini lebih kecil dan pola warnanya sedikit beda.

Masih banyak banget kelompok mbuna dari danau malawi, kapan2 kita bahas yang lain ya, capek dan bosenin kalau ditulis di satu halaman.

2. Kelompok Haplochromis Cichlids / Haps

ikan cichlid afrika

Diatas adalah contoh salah satu ikan haplochromis / Haps, satu saja ya, karena ikan cichlids haps ini adalah yang paling banyak species / jenisnya dibanding cichlid yang lain. Haps yang indah sering menampilkan warna-warna cerah, warna-warni, atau pola yang mencolok.

Banyak yang hanya dilampaui dalam keindahan oleh spesimen ikan laut tropis yang paling menakjubkan.

Namun saat Anda pertama kali mendapatkan ikan ini, mungkin tampilannya tidak akan spektakuler. Anda harus menunggu mereka dewasa untuk melihat warna asli mereka dan menentukan jenis kelaminnya.

Cichlid remaja haplochromis biasanya berwarna perak atau abu-abu, dan beberapa spesies memiliki bercak warna yang sangat hambar.

Dengan sifatnya yang bebas berenang, warna hambar ini membantu menghindari predator sampai mereka mencapai usia dewasa.

Setelah tumbuh  dewasa, mereka baru kelihatan secara seksual kalau jantan  menjadi sangat colorful dan yang betina tetap hambar warnanya.

3. Kelompok Aulonocara / Peacock Cichlids

ikan cichlid afrika peacock

Aulonocara ini adalah favorit pribadi saya, meskipun gak banyak yang saya punya namun suka banget sama warna dan tingkah lakunya. Peacock itu artinya merak, yup sama seperti burung merak yang warna warni, ikan cichlid peacock juga punya warna yang cantik banget.

Ada banyak jenis aulonocara ini, sementara ada 28 species yang sudah didokumentasi, dan semuanya berasal dari danau malawi.

Sang jantan punya warna yang lebih cerah dibanding betina, ukurannya sedang sekitar 10 – 15 cm kalau sudah dewasa.

Aulonocara cocok bagi anda yang ingin tampilan akuarium air laut yang penuh warna namun malas dengan semua kerepotan akuarium air laut.

Peacock cichlid cukup agresive tergantung jenisnya, jadi anda perlu riset dulu sebelum membeli untuk koleksi anda.

B. Ikan Cichlids Danau Tanganyika

Danau tanganyikan merupakan danau paling dalam kedua didunia dengan kedalaman mencapai 1.470 meter, hal ini menjadikan danau ini habitat ideal bagi bermacam2 jenis ikan termasuk cichlid, dari yang paling gede yakni emperor cichlids yang bisa mencapai panjang hampir semeter, sampai yang paling kecil yakni Ocellated shell-dweller.

Berikut adalah beberapa cichlid populer yang berasal dari danau tanganyika.

  1. Blue-Eyed Tropheus (Tropheus brichardi)
  2. Blunthead (Cichlid Tropheus moorii)
  3. Poll’s Tropheus (Tropheus polli)
  4. White Spotted Cichlid (Tropheus duboisi)
  5. Tropheus Species Tropheus sp.
  6. Goby Cichlids
  7. Blue Goby Cichlid (Spathodus erythrodon)
  8. Dan buanyak lagi yang lain.

C. Cichlid Danau Victoria

Ikan dari danau Victoria memang kurang begitu populer dalam hobi ikan hias air tawar. Kabar yang beredar hal ini disebabkan oleh hampir punahnya ikan cichlid asli danau victoria yang disebabkan oleh ikan predator Nile perch yang dilepaskan ke danau dan memakan habis hampir semua ikan endemik. sayang yho…

Beberapa cichlid danau Victoria dan cichlids Afrika timur dan barat lainnya termasuk:

  1. Kribensis Cichlid Pelvicachromis pulcher
  2. Lionhead Cichlid Steatocranus casuarius
  3. False Mpozo Lionhead Cichlid Steatocranus glaber
  4. Nanochromis transvestitus Nanochromis transvestitus
  5. List akan diupdate…

Cara Memelihara Ikan Cichlid Afrika

Ikan cichlid afrika termasuk mudah pemeliharaannya, ikan ini juga cukup tangguh terhadap serangan penyakit asal…parameter air dan lingkungannya bener. Jadi untuk memelihara ikan ini kita harus setting lingkungan dan kebutuhan hidupnya untuk menyerupai habitat aslinya, mulai dari akuarium…

Akuarium

Kebanyakan ikan cichlid afrika adalah penggali pasir dan batu untuk mencari makanan, beda dengan ikan cichlid dari amerika dan asia. maka dari itu kita harus setting akuarium biar bisa semirip mungkin dengan menambahkan pasir untuk substratnya dan juga batu2an yang ditata sedemikian mungkin biar menyerupai gua2 kecil untuk mereka sembunyi dan menduduki satu teritori.

Tanaman air tidak akan bertahan lama dalam akuarium ikan cichlid, jadi cemilan sudah pasti…

Tank minimum 30 liter adalah ukuran yang baik untuk memulai bagi sebagian besar spesies, meskipun lebih besar tetap lebih baik ya. Bikin sistem filtrasi yang baik, dan gerakan air, menggunakan filter eksternal atau minimal filter under gravel.

Ingatlah bahwa jika Anda menggunakan filter under gravel, Anda harus mengawasinya karena ikan ini akan terus menggerakkan kerikil dan dapat merusak tatanan krikil filter, dan hal itu mengurangi efisiensi filter.

Suhu akuarium harus dijaga pada suhu 24-27 derajat C.

Pencahayaan moderat baik-baik saja, tetapi pencahayaan yang lebih intens akan mendorong pertumbuhan lumut. Di habitat asli mereka ada lumut alami di batu dangkal yang mengandung bakteri, serangga, dan krustasea.

Ikan-ikan ini mengikis ganggang, dan mendapatkan sebagian nutrisi mereka darinya. Namun kalau terlalu banyak lumut maka akuarium jadi jelek tampilannya kan…jadi lampu ya yang sedang2 saja gak usah terlalu terang.

Air

Pemantauan air akuarium untuk menjaga pH tinggi (alkalinitas) sangat penting. Danau Malawi memiliki pH 7,7 hingga 8,7, dan Danau Tanganyika bisa mencapai 9,3. Kisaran terbaik untuk ikan ini adalah pH 8,5, meskipun mereka dapat bertahan hidup dalam pH netral 7, atau bahkan dalam pH asam 6 sekalipun.

Tetapi ketika pH turun, ikan ini lebih rentan terhadap penyakit, kehilangan warna, dan gak mau berkembang biak.

Mengganti air secara teratur adalah salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kualitas air. Berapa banyaknya penggantian air tergantung pada berapa banyak ikan dan juga jenis ikan yang anda pelihara.

Beberapa jenis cichlid lebih jorok dibanding yang lain menghasilkan kotoran yang lebih banyak. Perubahan air standar adalah 25% per minggu, atau 33% setiap dua minggu. Jika Anda memiliki pupolasi ikan yang padat dalam akuarium, maka mungkin diperlukan 40-60% water change.

Makanan Ikan Cichlid Afrika

Hampir semua Cichlid memakan larva serangga, cacing, dan ikan kecil di alam liar. Mereka bisa diberi makan makanan hidup, makanan beku, flake dan makanan pelet.

Beri makan 2 hingga 3 kali sehari dalam jumlah yang lebih sedikit daripada jumlah yang besar sekali sehari. Ini akan menjaga kualitas air lebih tinggi dalam waktu yang lebih lama. Semua ikan mendapat manfaat dari vitamin dan suplemen yang ditambahkan ke makanan mereka.

Baiklah, tulisan ini terlalu panjang. Mari kita diskusi njagong2 tentang ikan cichlid afrika di kolom komentar. bosen kalau kepanjangan tulisannya. Terima kasih sudah membaca sampai disini, terima kasih…