53 Jenis Ikan Channa Lengkap Dengan Harganya

Ikan Channa adalah jenis ikan predator dalam keluarga Channidae, atau yang pada umumnya lebih dikenal sebagai ikan gabus atau snakeheads. Jenis ikan channa ini berisi sekitar 50 spesies yang telah dapat dijelaskan dan dikelompokkan secara ilmiah.

Ikan channa memiliki sebaran alami yang luas mulai dari Afrika sampai Asia. Namun jenis ikan channa yang paling banyak dan populer berasal dari negara Myanmar atau Burma. Ikan channa asli dari Indonesia juga ada lho…

Berikut Daftar Jenis Ikan Channa Beserta Harganya:

  1. Channa Amari
  2. Channa Amphibeus
  3. Channa Andrao
  4. Channa Argus
  5. Channa Aristonei
  6. Channa Asiatica
  7. Channa Aurantimaculata
  8. Channa Aurantipectoralis
  9. Channa Auroflammea
  10. Channa Aurolineatus
  11. Channa Bankanensis
  12. Channa Baramensis
  13. Channa Barca
  14. Channa Bipuli
  15. Channa Bleheri
  16. Channa Brahmacharyi
  17. Channa Brunnea
  18. Channa Burmanica
  19. Channa Cyanospilos
  20. Channa Diplogramma
  21. Channa Gachua
  22. Channa Harcourtbutleri
  23. Channa Hoaluensis
  24. Channa Kelaartii
  25. Channa Limbata
  26. Channa Lipor
  27. Channa Lucius
  28. Channa Maculata
  29. Channa Marulioides
  30. Channa Marulius
  31. Channa Melanoptera
  32. Channa Melanostigma
  33. Channa Melasoma
  34. Channa Micropeltes
  35. Channa Ninhbinhensis
  36. Channa Nox
  37. Channa Orientalis
  38. Channa Ornatipinnis
  39. Channa Panaw
  40. Channa Pardalis
  41. Channa Pleurophthalma
  42. Channa Pomanensis
  43. Channa Pseudomarulius
  44. Channa Pulchra
  45. Channa Punctata
  46. Channa Quinquefasciata
  47. Channa Rara
  48. Channa Royi
  49. Channa Shingon
  50. Channa Stewartii
  51. Channa Stiktos
  52. Channa Striata
  53. Channa Torsaensis

Ciri2 Umum

Ikan di dalam famili ini merupakan ikan predator ganas yang memiliki ciri khas berupa sirip dorsal yang panjang, mulut yang besar, dan gigi yang terang. Yang pasti kalau dilihat sekilas bentuk kepala ikan channa ini mirip ular, makanya dinamakan snakehead yang artinya kepala ular.

Mereka memiliki organ labirin, serupa dengan ikan lele, yang memungkinkan mereka menghirup udara untuk waktu yang singkat, dan mereka menggunakan adaptasi ini untuk melakukan perjalanan melintasi daratan jika habitat mereka menjadi tidak ramah.

Mereka juga dapat menghirup udara bebas lewat insang dan kulitnya, sehingga mereka dapat bertahan hidup dalam kondisi air yang rendah oksigen, bahkan mereka dikenal mampu bermigrasi lewat darat, tapi ya jarak dekat ya, bukan migrasi jarak jauh kayak bus AKAP gitu.

Ikan channa memiliki sifat alami yang super agresif, makanya mereka dikenal sebagai ikan yang invasif alias penjajah daerah. Di eropa dan amerika, ikan ini di banned untuk diperdagangkan secara bebas lho, ya karena itu tadi, sifat invasif mereka bikin takut orang2 sana.

Sebaliknya kalau dinegara kita yekan…Spesies Channa berukuran besar dan sedang adalah salah satu ikan makanan pokok yang paling umum di Indonesia dan beberapa negara Asia, dan mereka dibudidayakan secara ekstensif.

Terlepas dari pentingnya mereka sebagai ikan makanan, ikan gabus dikonsumsi di beberapa daerah sebagai obat tradisional untuk penyembuhan luka dan mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pasca operasi, dan ini beneran manjur lho. Bahkan sekarang ada yang versi kapsulnya juga…gatau kemanjurannya kalau ini, belum pernah nyobain masalahnya…

Makanan Ikan Channa

Semua jenis ikan channa atau snakehead pada umumnya sangat galak, makanan mereka terdiri dari berbagai spesies ikan, amfibi (seperti katak), ular, hewan pengerat, burung, dan invertebrata (serangga dan krustasea).

Jenis ikan channa pada umumnya tidak pilih2 makanan, namun yang pasti mereka sangat sulit untuk dilatih makan pelet. sulit bukannya gak bisa lho ya, dan kalau ikan channa sudah mau makan pelet, biasanya harganya jadi tambah mahal.

Baiklah, setelah kenalan singkat dengan ikan channa secara umum, mari kita kupas jenis ikan channa satu persatu ya, tak kenal maka tak sayang, jadi siapa tahu bagi anda yang belum kenal sama ikan channa jadi sayang setelah baca postingan ini…

1. Channa Amari

Jenis ikan channa Amari termasuk species yang baru ditemukan atau di deskripsikan oleh para peneliti. Asalnya dari hutan di bengala barat India. Oleh karena itu, ikan channa amari belum begitu populer dikalangan penghobi ikan hias ditanah air.

Harganya belum diketahui karena mungkin belum masuk kepasar ikan dalam negeri Indonesia.

ikan channa jenis amari

2. Channa Amphibeus

Ikan channa Amphibeus yang punya nama lain Borna snakehead ato Chel snakehead ini termasuk dalam kategori ikan yang sangat langka, ikan ini hanya ditemukan di sungai Chel dari aliran anak sungai Brahmaputra di kaki bukit Bhutan, di Benggala utara, India.

Channa amphibeus dapat tumbuh mencapai ukuran 25 cm saja, jadi termasuk kategori channa kecil ya ini. Meskipun kecil, dia galaknya sama dengan channa lain yang ukurannya lebih besar lho.

Nah karena ukurannya yang kompak, jenis ikan channa ini jadi lebih mudah dipelihara di akuarium, kalo yang gede2 otomatis butuh akuarium yang gede dan sistem filtrasi yang rumit kan, yang kecil lebih simple.

Harganya…kayaknya ikan snakehead ini belum masuk ke Indonesia deh, kita cari dimana2 lom ketemu harganya. Kalo om2 ada info tolong kasi tau kami via kolom komentar yak…

ikan channa jenis Amphibeus

3. Channa Andrao

Jenis ikan channa berikutnya adalah channa andrao, ikan snakehead jenis ini termasuk dalam golongan dwarf snakehead atau ikan gabus kerdil. Ukuran ikan dewasa hanya mencapai kurang lebih 13 Cm maksimal, hampir sama dengan ikan channa bleheri ya kan?

Channa andrao memiliki warna sirip biru dengan badan gelap bercorak kemerahan. Channa ini dapat dipelihara di akuarium ukuran kecil karena tubuhnya yang mini, cara pemeliharaan yang lebih detail bisa dibaca disini.

Harga channa Andrao mulai dari 50.000 untuk ukuran kecil, dan bisa mencapai ratusan ribu kalau sudah mencapai ukuran dewasa. Harga tergantung kondisi dan performa ikan ya…

ikan channa jenis andrao

4. Channa Argus

Ikan channa argus (Northern Snakehead) ini kalau dilihat sekilas mirip sama ular phyton karena corak tubuhnya yang mirip pola sisik reptil itu. Jenis ikan channa yang berasal dari Cina, Rusia, Korea Utara, dan Korea Selatan ini memiliki sifat ganas dan terkenal invasif alias penjajah daerah.

Harga ikan channa argus ternyata cukup mahal lho, ukuran panjang 20 cm saja bisa dihargai sampai 200 ribu kalau dipasar, kalau ukuran besar diatas 40 cm, harganya bisa 2 jutaan lebih.

jenis ikan channa argus

5. Channa Aristonei

Ikan channa arietonei (red mozaic) termasuk jenis ikan channa yang baru di dokumentasikan keberadaannya, jenis ini ditemukan oleh seorang antusias ikan hias air tawar Aristone M. Ryndongsng di Meghalaya India.

Ikan channa Aristonei punya ciri tubuh biru cerah yang seragam hingga hijau kebiruan, sirip punggung, dubur, dan ekor biru cerah dengan rangkaian coklat hingga bercak atau bintik merah marun pada seluruh body.

Karena jenis baru, harga ikan channa jenis ini juga agak nggak akurat, ada yang jual di toko online ukuran 10 – 15 cm dengan harga 750.000! lumayan pake banget kan?

ikan channa aristonei
img source: facebook page

6. Channa Asiatica

Channa asiatica adalah salah satu jenis ikan channa dwarf atau kerdil, maksimum ukurannya hanya mampu mencapai 30 cm saja. Beda dengan channa jenis lainnya yang mampu tumbuh hingga 50 cm bahkan lebih.

Ikan channa asiatica berasal dari negara China, dan memiliki 2 jenis yang memiliki karakteristik berbeda, yaitu ikan channa asiatica white spot, dan ikan channa asiatica red spot. Mau tahu penjelasan lebih dalam mengenai ikan ini? baca disini.

Harga ikan hias channa Asiatica mulai dari 50 ribu hingga jutaan rupiah tergantung ukuran dan kualitas ikannya. Penampilannya bisa dilihat digambar dibawah ini.

ikan channa asiatica

7. Channa Aurantimaculata

Channa aurantimaculata (orange spotted snakehead) atau yang banyak disebut sebagai channa auranti adalah salah satu jenis ikan channa yang populer dikalangan penghobi ikan hias tanah air. Ikan channa auranti ini berasal dari sungai Brahmaputra India.

Tubuhnya berwarna kecoklatan bercampur dengan garis-garis oranye vertikal, kepala kecil sehingga sirip punggung dan bawah nampak lebih lebar. Pada ujung sirip dan kepala ada sedikit warna kebiruan, makanya orang bisa salah mengenali ikan ini sebagai channa barca.

Harga ikan channa Auranti berkisar mulai harga 200 ribuan untuk ukuran anakan dan bisa sampai 4 jutaan kalau yang sudah besar dengan pola warna dan sifat yang bagus.

jenis ikan channa auranti

8. Channa Aurantipectoralis

Ikan channa jenis ini memang belum banyak diketahui oleh hobiest dalam negeri, itu karena jenis ini baru dikelompokkan oleh para ahli.

Channa aurantipectoralis masuk dalam kelompok spesies Channa gachua, dideskripsikan dari drainase Karnaphuli di Mizoram, India.

Jenis ikan channa ini dapat dibedakan dari semua spesies snakehead lainnya dengan warna unik dalam hidupnya, khususnya sirip dada berwarna oranye cerah, yang tidak memiliki bintik atau garis; dan dengan adanya bercak gelap berbentuk V di permukaan punggung kepala.

Harga ikan channa aurantipectoralis masih buram, karena memang belum ada dijual dipasaran ikan hias dalam negeri.

Ikan Channa aurantipectoralis

9. Channa Auroflammea

Channa auroflammea adalah spesies ikan air tawar baru dari kelompok Marulius yang berasal dari Sungai Mekong Laos Cambodia. Ikan channa ini adalah jenis baru yang dikelompokkan oleh para peneliti, sebelumnya jenis ikan channa ini dikenal sebagai channa marulius, namun dengan penelitian lebih lanjut, perbedaan gen dan fisik meng identifikasikan jenis ini sebagai jenis ikan channa baru.

Harga ikan channa auroflammea belum diketahui karena belum terlalu populer di Indonesia, kalau teman2 ada info bisa tinggalkan komentar dibawah ya.

Ikan Channa Auroflammea

10. Channa Aurolineatus

Ikan channa jenis Aurolineatus berasal dari sungai di myanmar dan aliran sungai Mae Khlong di Thailand, tampilannya mirip banget sama ular kobra, maka ada juga yang menyebut jenis ikan channa ini sebagai cobra snakehead. Masih jadi perdebatan bahwa channa aurolineatus itu sama dengan channa marulius.

Harga channa aurolineatus kalau dimarketplace lumayan mahal, kisaran 250.000 sampai jutaan rupiah tergantung ukuran dan kualitas ikan.

Ikan Channa Jenis Aurolineatus

11. Channa Bankanensis

Ikan channa bangkanensis sesuai namanya berasal dari pulau bangka Indonesia, dan rawa-rawa di sekitar Selangor di Malaysia. Dia termasuk dalam kategori ikan channa ukuran kecil yang maksimum pertumbuhannya hanya mencapai 30 cm saja.

Harga ikan channa Bangkanensis berkisar mulai harga 30 ribuan sampai yang dewasa bagus mencapai harga 500 ribuan.

jenis ikan channa bangkanensis

12. Channa Baramensis

Jenis ikan channa Baramensis termasuk dalam golongan dwarf channa atau channa kecil, panjang maksimal pertumbuhannya hanya mampu mencapai 28 cm saja, beda dengan channa pada umumnya yang mampu tumbuh hingga panjang 50 cm lebih.

Channa Baramensis adalah ikan endemik pulai kalimantan atau borneo, dan juga seluruh negara bagian Sarawak dan di bagian barat negara bagian Sabah, Malaysia, ditambah Brunei Darussalam yang dikelilingi oleh Sarawak.

Harga jual dipasaran mulai dari 25 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan kualitasnya.

jenis ikan Channa baramensis

13. Channa Barca

Ikan channa Barca termasuk jenis yang cukup populer dikalangan pecinta ikan gabus hias, meskipun sebenarnya jenis ikan channa ini termasuk species yang langka dan di lindungi di alam liar.

Dia berasal dari lembah sungai Brahmaputra bagian atas di timur laut India dan Bangladesh, kalau dalam bahasa lokal ikan channa ini dikenal sebagai cheng garaka atau garaka cheng.

Ikan ini memang cakep banget, punya warna yang bagus campuran biru, hijau, kuning, hitam, dan warna2 lain yang menyusun simponi warna indah…apasih…Dia juga mampu tumbuh besar sampai 1 meteran lho.

Karena kecakepannya, dan ukurannya juga, nggak heran kalau ikan channa Barca disebut sebagai ikan channa yang paling mahal harganya, info dari marketplace ada yang jual ikan channa barca sampe 50 juta lebih! lumanyun banget kannn?

ikan channa barca

14. Channa Bipuli

Channa bipuli adalah spesies baru ikan gabus hias yang berasal dari Assam, India Timur Laut, dia dapat dibedakan dari semua kerabatnya dengan adanya dorsum kebiruan yang unik

15. Channa Bleheri

Channa Bleheri (Rainbow snakehead) adalah salah satu jenis ikan channa kerdil yang sangat populer, warnanya yang indah meriah (kek pelangi) serta ukurannya yang gak terlalu besar menjadikannya mudah dipelihara dalam akuarium kecil.

Ikan channa Bleheri ini endemik di lembah Sungai Brahmaputra di negara bagian Assam dan Arunachal Pradesh di India. Ikan dewasa mampu tumbuh hingga 17 cm.

Harga ikan channa Bleheri remaja mulai dari 100 ribu, sedangkan yang sudah dewasa bisa mencapai 2 juta rupiah, tentu tergantung kualitas warna dan ikan secara keseluruhan ya.

jenis ikan channa bleheri

16. Channa Brahmacharyi

Belum banyak informasi yang bisa kami dapat untuk jenis ikan channa Brahmacharyi, ikan yang berasal dari India ini memang belum populer di dunia per ikan hiasan.

17. Channa Brunnea

Channa Brunnea ini merupakan salah satu jenis ikan channa yang baru di dokumentasikan oleh para ahli, dia asalanya dari Bengal barat India.

Harga channa brunnea ini cukup mahal karena dia import langsung, belum ada breeder lokalnya di Indonesia. Harga kisaran 800 ribuan sampai jutaan rupiah tergantung kondisi. Berikut penampakan ikannya…

Ikan Channa brunnea

18. Channa Burmanica

Ikan channa Burmanica adalah ikan gabus hias yang berasal dari negara Birma, dia ini termasuk channa yang kecil ukurannya, lebih kecil dari bleheri. Warnanya coklat tembaga dengan pattern yang khas.

Harga ikan channa Burmanica lumayan mahal karena masih di import langsung dari birma/Myanmar, disana pun katanya masih hanya dapat dari alam, belum ada penangkaran yang berhasil. Kisaran harganya 600 ribu keatas tergantung ukuran.

Ikan Channa Burmanica

19. Channa Cyanospilos

Channa Cyanospilos (ikan Bujuk) adalah species native atau asli Indonesia, daerah penyebarannya antara lain adalah di sungai Musi di Sumatra, sungai Kapuas di Kalimantan, dan juga beberapa daerah di semenanjung Malaysia. Detail hasil penelitian para ahli bisa dibaca disini.

Meskipun warna dan pola tubuhnya cenderung polos, harga ikan channa Cyanospilos tergolong mahal lho, harga mulai dari 300 ribuan untuk yang ukuran kecil dan bisa sampai jutaan kalau yang ukuran besar.

ikan channa Cyanospilos

20. Channa Diplogramma

Ikan channa Diplogramma atau banyak yang menyebut sebagai Malabar Snakehead berasal dari pegunungan Ghats Barat di India selatan (mulai dari Sungai Meenachil, Manimala, Pampa, Achenkovil dan Kallada di negara bagian Kerala) serta drainase Chittar dan Tambraparni di negara bagian Tamil Nadu.

Dia termasuk dalam jenis ikan channa besar yang mampu tumbuh hingga 50 cm an, dengan corak warna abu2 totol2 khas ikan gabus malabar ini.

Harga Ikan Channa Diplogramma bervariatif mulai dari 500 ribu untuk ukuran kecil dan jutaan rupiah untuk yang sudah dewasa.

ikan channa malabar

21. Channa Gachua

Ikan channa yang satu ini daerah asalnya menyebar mulai dari Pakistan sampai Indonesia, punya ukuran tubuh yang kecil alias termasuk dwarf snakehead.

gabus yang berukuran kecil, panjang total hingga 20 sentimeter (7,9 in). Tubuh silindris di depan dan sedikit memipih tegak di belakang, spek lengkapnya disini.

Harga ikan channa gachua mulai dari 20 ribu rupiah sampai jutaan untuk ukuran dewasanya. penampakannya seperti gambar dibawah ini.

Channa gachua

22. Channa Harcourtbutleri

Channa Harcourtbutleri atau banyak disebut sebagai Burma Snakehead adalah ikan endemik danau Inle di Myanmar. Dia termasuk dalam kategori ikan channa kerdil atau dwarf snakehead yang hanya mampu tumbuh maksimal sekitar 20 cm saja.

Harga ikan channa Harcourtbutleri masih remang2 sebab belum banyak yang menjual jenis ikan channa ini dipasaran, namun kisaran harga yang masih kecil adalah 50 – 100 ribu, sedangkan yang sudah besar dengan kualitas bagus bisa mencapai jutaan rupiah.

ikan channa harcourtbutleri

22. Channa Hoaluensis

Channa Hoaluensis ini berasal dari Vietnam, dia juga termasuk dalam keluarga dwarf snakehead karena ukuran maksimalnya hanya bisa mencapai panjang 25 cm saja.

Untuk sementara belum ada informasi harga ikan channa Hoaluensis, belum ada importir yang masukin ke Indonesia mungkin ya?

23. Channa Kelaartii

Ikan channa jenis ini berasal dari Sri Lanka dan semenanjung India, dia juga termasuk kategori channa kerdil karena panjang tubuhnya hanya mampu maksimal 13 cm an saja. Belum banyak informasi yang bisa didapat untuk jenis ikan channa ini karena memang masih relatif baru didokumentasikan.

Harganya juga masih remang2 karena memang belum ada importir ikan hias yang memasukkan ikan channa Kelaartii ke Indonesia. Gambar dibawah ini menunjukkan kalau yang A itu masih muda, dan yang B sudah dewasa.

Ikan Channa Kelaartii

25. Channa Limbata

Channa Limbata sering disebut kembaran atau sama jenis dengan ikan channa Gachua, namun sebenarnya keduanya merupakan jenis yang berbeda. Channa gachua berasal dari India, sedangkan jenis ikan channa Limbata berasal dari Indonesia dan sebagian semenanjung Malaysia.

Ikan channa Limbata mampu tumbuh hingga panjang maksimal 28 cm saja, karena ketersediaannya cukup banyak, ikan ini harganya juga tidak terlalu mahal, harga mulai 15.000 saja kalau ukuran kecil dan jutaan kalau yang ukuran besarnya.

ikan channa limbata

26. Channa Lipor

Ini adalah jenis ikan channa yang baru dikelompokkan oleh para ahli, termasuk dalam keluarga Channa Gachua sebenarnya, hanya dengan beberapa perbedaan yang signifikan.

Ikan channa Lipor berasal dari Meghalaya India, dan belum banyak masuk ke pasar ikan hias di tanah air, jadi harganya masih remang2 alias kita belum tahu. nanti deh kalau kita sudah ada informasi harga ikan channa terbaru, bakal kita update2 postingan ini ya.

ikan channa lipor

27. Channa Lucius

Ikan Channa Lucius juga dikenal sebagai Forest Snakehead punya tampilan yang agak beda dengan jenis ikan channa pada umumnya, kepalanya cenderung pipih dibanding ikan channa lain yang pada umumnya bulat lonjong.

Dia ni mampu tumbuh lumayan besar, ukuran maksimalnya bisa mencapai hampir setengah meter. Harga ikan channa Lucius mulai dari 20 ribu saja hingga 500 ribuan.

ikan Channa Lucius

28. Channa Maculata

Ikan ini juga dikenal sebagai ikan channa totol atau blotched snakehead karena tampilannya yang punya pola totol2 hitam disekujur tubuhnya.

Ikan ini asalnya dari China dan sebagian negara Vietnam dan Taiwan. Kayaknya belum ada importir yang masukin ikan ini kepasar ikan hias dalam negeri, jadi harganya masih burem ya…

Ikan Channa Maculata

29. Channa Marulioides

Ikan channa Maruliodes ini asalnya dari Thailand, namun sudah tersebar di Pulau Kalimantan dan juga Sumatera, ikan ini oleh penduduk setempat merupakan ikan konsumsi yang banyak disukai, sama kek ikan arwana.

Ikan ini cukup populer di kalangan penghobi ikan hias, harga dipasaran mulai dari 10 ribuan hingga 5 jutaan tergantung ukuran dan kualitas ikannya.

Ikan Channa marulioides

30. Channa Marulius

Ikan channa Marulius (bullseye snakehead) ini asalnya dari India, namun sudah menyebar hingga China, Thailand, dan Kamboja. Dia ini termasuk ikan channa yang berukuran besar, konon katanya pernah ditemukan Channa Marulius yang pajangnya sampai 140 cm!!! Tapi ukuran kebanyakan sih sekitar 50 cm an saja.

Harga ikan Channa Marulius bisa didapat mulai dari 25 ribu hingga 2,5 juta rupiah, harga yang cukup mahal untuk seekor ikan gabus kan 😀

Channa Marulius

31. Channa Melanoptera

Ikan channa Melanoptera ini asli dari Indonesia, dia banyak dijumpai di pulau sumatra dan kalimantan. Jenis ikan channa ini punya nama lain black ear snakehead karena sirip sampingnya yang berwarna hitam.

Ikan Channa Melanoptera

32. Channa Melanostigma

Ikan Channa Melanostigma termasuk ikan snakehead yang baru dikelompokkan oleh para ahli. Dia berasal dari India, dan berhubung dia adalah jenis baru, jadi belum ada informasi harga yang bisa kita temukan dipasaran.

Ikan Channa Melanostigma

33. Channa Melasoma

Ikan channa Melasoma ini dapat ditemukan disungai2 dinegara Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura. Ikan channa yang punya nama lain black snakehead ini punya peran penting dalam masyarakat setempat yakni sebagai ikan konsumsi.

Harga dipasaran ikan hias lokal untuk yang ukuran kecil mulai dari 10 ribu saja, sedangkan untuk ukuran besar bisa mencapai 500 ribu rupiah kalau postur dan pola warnanya bagus.

Ikan Channa melasoma
https://www.seriouslyfish.com/species/channa-melasoma/

34. Channa Micropeltes

Ikan channa Micropeltes ini asli Indonesia juga, dia adalah salah satu jenis ikan channa atau snakehead yang berukuran besar. Ikan ini sudah sangat populer di dunia ikan hias tanah air dengan nama ikan Tomang.

Ikan hias yang terkenal ganas banget ini cukup mahal lho harganya, untuk yang masih kecil, harga ikan toman mulai dari 20 ribu, namun kalau sudah besar dan punya pola tubuh yang bagus, harga ikan channa micropeltes ini bisa sampai 1 jutaan.

Channa Micropeltes

35. Channa Ninhbinhensis

Ikan Channa Ninhbinhensis termasuk jenis yang sangat baru, belum banyak informasi yang bisa kita dapat untuk jenis ikan channa ini. Namun informasi yang kita dapat dari sini, ikan Channa Ninhbinhensis berasal dari Vietnam, tepatnya sesuai dengan namanya yakni dari provinsi Ninh Binh Vietnam.

Kami belum bisa menemukan informasi harga jual dari ikan channa ini, monmaap ya…

36. Channa Nox

Channa nox adalah spesies snakehead kecil yang endemik di daerah tropis kecil di Cina Selatan. Dia punya nama lain yakni night snakehead, mirip banget dengan ikan Channa Asiatica, namun warnanya cenderung gelap.

Ikan Channa nox ini cenderung baru dikelompokkan oleh para ahli, jadi belum banyak informasi yang beredar mengenai ikan ini, termasuk juga harganya.

37. Channa Orientalis

Ikan yang punya nama lain Ceylon snakehead ini berasal dari Sri Lanka, ukurannya kecil, hanya mampu tumbuh sampai 10 cm saja, jadi dia ini termasuk golongan dwarf snakehead atau ikan gabus kerdil ya.

Ikan Channa Orientalis belum terlalu populer dipasaran ikan hias tanah air, maka dari itu kita belum bisa kasih info harganya ya.

Ikan Channa Orientalis

38. Channa Ornatipinnis

Ikan Channa Ornatipinnis termasuk ikan snakehead yang relatif kecil ukurannya, dengan panjang maksimal 20 cm saja, menjadikan ikan ini termasuk dalam kategori dwarf snakhead.

Dia asalnya dari Myanmar, harga jual dipasaran ikan hias tanah air lumayan mahal, yang kecil bisa dihargai ratusan ribu lho, dan yang gede ada yang jual sampai 1,5 juta rupiah.

Channa Ornatipinnis

39. Channa Panaw

Ikan hias channa Panaw ini termasuk dalam kategori dwarf snakehead atau ikan gabus kerdil, dia hanya mampu tumbuh sampai 17 cm saja.

Asalnya dari Myanmar, namun kayaknya belum masuk ke Indonesia deh, kita cari dimana2 belum ada yang jual tuh, jadi ya belum tau harganya ya…

Channa Panaw

40. Channa Pardalis

Jenis ikan channa yang berasal dari Meghalaya India ini termasuk kerdil, panjangnya hanya mampu mencapai 25 cm saja. Ikan ini di import langsung dari India, jadi harganya masih lumayan mahal, yang kecil bisa jual 200 ribuan dan yang gede bisa sampai 1,5 juta lho.

Ikan Channa Pardalis

41. Channa Pleurophthalma

Ikan Channa Pleurophthalma atau banyak disebut channa Pleuro saja ini asli dari Indonesia, daerah penyebarannya mulai dari pulau Sumatra hingga Kalimantan.

Ada pula yang menyebutnya toman bunga atau selendang mayang. Dalam Bahasa Inggris disebut Ocellated Snakehead, merujuk pada pola bulatan-bulatan serupa mata di sisi badannya.

Harga Channa Pleurophthalma ukuran kecil mulai dari 20.000 rupiah saja, sedangkan yang ukuran besar bisa dibeli dengan harga 400 ribuan saja.

Ikan Channa Pleurophthalma

42. Channa Pomanensis

Channa Pomanensis ini termasuk species yang baru saja ditemukan/dokumentasikan oleh para ahli, dia berasal dari aliran sungai Poma dari aliran sungai Brahmaputra di Arunachal Pradesah, India. Makanya dinamain “poma”…

Ikan channa Pomanensis puya ukuran yang tidak terlalu besar, dia tumbuh maksimal cuman sampai 17 cm an saja, jadi termasuk snakehead kerdil ya ini, mudah di pelihara di akuarium kecil.

Harganya…belum ada informasi yang bisa kami dapatkan untuk harga ikan Channa Pomanensis ini, maklum karena species baru kali ya…

Ikan Channa Pomanensis

43. Channa Pseudomarulius

Ikan Channa Pseudomarulius berasal dari India, punya ukuran kecil yang tidak lebih dari 10 cm saja. kalau dipasaran, orang2 menyebutnya sebagai ikan channa Isabella atau Western Ghats.

Harga ikan Channa pseudomarulius berkisar antara 200 ribu hingga 2 jutaan untuk ukuran dewasa.

Ikan Channa pseudomarulius

44. Channa Pulchra

Ikan channa jenis ini sudah cukup populer dikalangan penghobi ikan hias tanah air, warnanya yang cantik dan ukuran yang tidak terlalu besar bikin miara mereka ini jadi menyenangkan, makanya jadi populer dianya ini.

Jenis ikan channa Pulchra asalnya dari Myanmar, dia suka dialiran sungai deras berkadar oksigen tinggi dan agak dingin suhunya.

Harga ikan Channa Pulchra yang kecil mulai dari 13.000 saja, dan yang ukuran dewasa bisa mencapai 3 jutaan, lumayan mahal untuk ikan dibawah 30 cm kan?

Ikan Channa Pulchra

45. Channa Punctata

Ikan Channa Punctata atau Spotted snakehead bisa ditemukan di India dan daerah sekitarnya mulai dari Afghanistan, Pakistan, India, Sri Lanka, Nepal, Bangladesh, Myanmar dan Tibet. Habitat alaminya adalah rawa-rawa, kolam dan sistem air payau.

Dia kurang populer didunia ikan hias, namun lebih banyak dikenal sebagai ikan konsumsi dimasyarakat lokal. harganya? gada yang jual disini, gak laku kali ya.

Ikan Channa Punctata

46. Channa Quinquefasciata

Channa quinquefasciata, spesies baru snakehead dari Sungai Torsa, Benggala Barat, berbeda dari jenis ikan channa lainnya dengan memiliki warna tubuh keabu-abuan hingga kuning krom yang unik.

Harga ikan Channa quinquefasciata masih belum bisa kami temukan di pasar ikan hias tanah air, mungkin karena belum ada pedagang yang memasukkan ikan ini ke Indonesia kali ya…?

ikan Channa quinquefasciata

47. Channa Rara

Channa rara, ini spesies baru, dideskripsikan dari Sungai Jagbudi di Maharashtra, India. Ikan ini sebenarnya masuk dalam kelompok Channa Gachua, namun dibedakan dengan memiliki satu atau lebih tulang di bagian sirip punggung pada ikan dewasa.

Channa rara

48. Channa Royi

Channa royi, atau Andaman emerald snakehead, adalah spesies ikan channa yang endemik di Kepulauan Andaman dan Nicobar di India. Dia ini termasuk dalam kategori channa kecil karena maksimal pertumbuhannya hanya sampai 20 cm an saja.

Ikan ini belum masuk ke Indonesia, atau memang tidak ada peminatnya, itulah mengapa kita tidak bisa menemukan harga ikan channa Royi ini.

ikan channa Royi

49. Channa Shingon

Ikan channa Shingon termasuk dalam kategori ikan snakehead kerdil, maksimal panjangnya hanya sampai 10 cm an saja menjadikan ikan ini jadi salah satu channa terkecil.

Dia berasal dari anak sungai pegunungan kecil yang terkait dengan drainase Irrawaddy di barat Provinsi Yunnan, Cina. Belum ada informasi harga untuk ikan ini.

Channa Shingon

50. Channa Stewartii

Ikan Channa Stewartii berasal dari Nepal dan beberapa daerah di India, dia termasuk dwarf sankehead yang mirip banget tampilannya sama Channa Barca, namun beda ukuran dan tentu beda harga.

Harga Ikan Channa Stewartii bervariatif mulai dari 20.000 sampai satu jutaan, ikan ini bisa anda jumpai di toko ikan hias di kota anda karena sudah termasuk umum stock nya.

Ikan Channa Stewartii

51. Channa Stiktos

termasuk masih lumayan baru ditemukan di dunia ikan hias channa, dia berasal dari India dan masih jarang sekali yang jual di Indonesia. Karena masih jarang, harganya pun masih sangat tinggi, kisaran harga jual Channa Stiktos mulai dari 300.000 sampai 3 jutaan.

Ikan Channa Stiktos

52. Channa Striata

Ikan Channa Striata adalah ikan gabus pada umumnya, memang ikan ini lebih banyak dijadikan ikan konsumsi dibanding ikan hias, namun banyak juga penghobi yang miara ikan galak ini.

Dia mampu tumbuh besar sampai 1 meteran lho, namun karena banyaknya campur tangan manusia, ukuran segini gak bakalan lagi ditemukan di alam liar.

Harga Ikan Channa Striata ini murah, kalau benih yang kecil2 itu bisa dibeli dengan harga 2000an saja, yang gede paling ratusan ribu. Kalau yang jenis Channa Striata Albino memang mahal, sampai jutaan kalau itu.

Channa Striata

53. Channa Torsaensis

Ikan Channa Torsaensis termasuk masih baru di identifikasi oleh para ahli, dia berasal dari Bengal India. Karena masih baru dan jarang ada dipasaran, harganya pun jadi lumayan tinggi, harga ikan Channa Torsaensis mulai dari 250.000 sampai 4 jutaan.

Ikan Channa Torsaensis

Penutup

Wadoooohhhh, panjang bener nih artikel jadinya, gapa2 yak…siapa tau ada manfaatnya. oiya…sumber informasi artikel ini kombinasi antara wikipedia, tokopedia, sama web2 riset orang luar…link menuju sumber2 tersebut tersebar di artikel ini.

Wokay, terima kasih buat anda yang sudah mempir di blog sederhana ini, silahkan tambahkan komentar kalau ada informasi yang kurang atau tidak akurat menurut anda. Terima kasihhhh…

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: