Kopi tempur jepara jenis robusta ini enak, mantab, baik rasa dan aromanya tapi tidak terlalu over power. Kopi yang berasal dari desa Tempur kecamatan Keling Jepara ini bisa dibeli di marketplace dengan harga bervariatif mulai dari 25 ribu per 45gr.

Jadi ceritanya kemarin dikasih sama temen, dia buka bengkel motor sambil “nyambi” jualan tembakau tingwe dan juga kopi. Karena tau kalo saya suka ngopi, terutama kopi yang gak diproduksi masal, akhirnya dikasih deh sebungkus.

kopi tempur jepara
Saya bukan ahli kopi, disini saya hanya berbagi pengalaman dengan sudut pandang saya saja, jadi pendapat saya mungkin sangatlah subyektif dan kurang akurat. Tapi nggak apalah.

Oke, menurut saya, kopi tempur yang saya cobain ini begini karakternya:

  1. Packing note (roasted bean), smokey dan kayak ada aroma debu kemarau yang enak. aneh kan…debu kok enak…orang desa pasti tau apa yang saya bicarakan. bean nya roastingnya renyah banget…
  2. Grind note (pake grinder manual coarse), aromanya kopi banget, cenderung ke aroma pahit tapi ada aroma aneh yang menyenangkan. kayak gula merah kebakar mungkin, tapi nggak tepat juga…pokoknya bikin mengernyit asik deh.
  3. Brew note, saya pake aeropress, pahit menyenangkan khas robusta, perpaduan pahit dan aroma yang kuat, cocok buat anda yan suka kopi mantabs. medium to full bodied coffee
  4. Aftertaste…clean. hanya tersisa sedikit aroma smoky nya. menyenangkan…

Kesimpulan saya tentang kopi tempur Jepara ini enak, meskipun terus terang saya lebih suka kopi arabika, tapi sebagai kopi robusta, ini enak kok.

Kopi ini kalau saya lebih suka dinikmati bareng susu untuk meng counter rasa pahit yang berlebihan. Nikmati di sore hari, habis mandi saat santai sendiri atau sama keluarga. pass banget…

Kopi Tempur Jepara

Kopi tempur dihasilkan di desa tempur, sebelah timur rumah saya ini. agak jauh sih. Tepatnya di desa tempur kecamatan keling Jepara.

Desa ini posisi geografis nya ada dilereng gunung muria, daerahnya berbukit2 dengan pemandangan yang wapik tenan, tidak heran kalau desa tempur dijadikan salah satu desa wisata di Jepara.

Kalau anda punya kesempatan main ke desa Tempur, maka kopi adalah sajian wajib untuk di cobain. Memang beda rasanya lho kalau menikmati kopi langsung didaerah asalnya. Apalagi kalau daerah asalnya itu punya pemandangan yang bagus kayak desa tempur ini.

Oiyha, kalau mau beli kopi tempur bisa di marketplace ya, petani dan pemuda2 desa tempur sudah go online kok, mudah cari mereka di internet. Kalau mau tinggalkan komentar nanyain kontak temen saya yang ngasih kopi juga boleh.

Saya gak jualan jadi ya memang gak mau jualan disini, hanya berbagi info saja. Oke…terima kasih sudah mampir disini dan membaca ketikan saya tentang kopi tempur jeara, semoga ada manfaat yang bisa diambil. Matur nuwun…