Bikin kolam koi sederhana lengkap dengan chamber filter yang memadai bukanlah hal yang sulit, berikut adalah salah satu contoh kolam ikan koi yang bisa anda bikin dirumah.

Ikan koi, ikan cantik warna warni yang konon berasal dari jepang ini memang sungguh memikat hati, bahkan untuk orang yang tidak hobi sama ikan pun bakalan terpikat sama keindahan warna dan keramahan ikan hias air tawar ini.

Koi sebenarnya adalah sejenis ikan mas / karper yang hidup disungai, namun dengan campur tangan manusia, dengan perkawinan silang menjadikan warnanya berkembang menjadi warna warni nan indah.

Jadi sekarang tidak ada lagi ikan koi yang hidup di alam bebas sekarang, karena warna nya yang terang dan cerah itu bisa jadi memudahkan predator untuk memangsa dia.

Kalaupun ada yang hidup di selokan atau sungai2 yang sering kita lihat di yutup itu juga peliharaan manusia kok, gak ada predator disitu pastinya.

Ikan koi ada banyak sekali jenisnya, warna tubuh dan pola nya dijadikan penamaan oleh para breeder nya. Cara memelihara ikan koi pun tidaklah terlalu sulit.

Harga nya juga bervariasi mulai dari yang cuma dua puluh ribu sampai dua puluh juta lebih per ekor. Namun mau murah atau mahal, pada dasarnya cara perawatannya sama sih, ikan ini perlu air bersih kaya oksigen dengan arus yang memadai.

Maka pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahas tentang bagaimana cara membuat kolam ikan koi sederhana namun tetap efektif untuk menunjang kehidupan si ikan cantik. Mari…

Design Kolam Koi Sederhana

Kolam koi bisa dibuat menggunakan beberapa bahan, bisa dari batu bata dan semen, bisa dari terpal atau bisa juga pakai pond liner atau sejenis terpal karet tebal.

Kalau saran kami lebih baik pakai batu bata dan semen saja, pertimbangannya karena kalau pakai terpal penampilannya kurang rapi, terkesan seperti kolam sementara atau kayak kolam lele, sedangkan kalau pakai pond liner memang bagus dan kelihatan lebih alami, namun harga nya muahalll…

Tujuan kita bikin kolam koi disini adalah untuk dekorasi atau hiasan pelengkap rumah kan, jadi ya kalau memang memungkinkan dibikin bagus sekalian lah…bagus bukan berarti harus mahal kan?

Kita disini bakal membuat kolam koi sederhana ukuran panjang 3 meter x lebar 1.2 meter dengan kedalaman 1 meter dengan chamber / ruang untuk media filter tersendiri. Tampilan sketsa nya kayak begini kira2…

kolam koi sederhana

Kolam dengan ukuran diatas memang bukan termasuk kecil, namun buat ikan koi, ukuran tersebut adalah yang paling minim supaya bisa tumbuh maksimal si ikan nya.

Koi bisa tumbuh jadi besar kalau kondisi memadai, jika keturunan bagus dan kolam nya cukup besar dengan populasi yang tidak terlalu padat, dia bisa tumbuh hingga panjang satu meter lho. Namun jika benih bagus namun kolam terlalu kecil, maka dia nggak bisa tumbuh maksimal, makanya kita bikin ukuran segini biar bisa gede2 nanti ikannya.

Design kolam koi sederhana diatas memiliki 5 chamber atau ruangan, chamber utama adalah untuk si ikan, chamber pertama untuk filter mekanis, chamber 3 untuk filter biologis dan chamber 4 untuk pompa dan peralatan penunjang seperti lampu UV dan heater jika diperlukan.

Tampilan per pipaan nya kurang lebih seperti ini…

pipa kolam ikan koi
  • Aliran air dari kolam masuk menuju chamber 1 melalui central drain atau pipa pembuangan ditengah kolam, air di chamber 1 yang disini berfungsi sebagai filter mekanis, harus mengalir keatas melalui media filter yang dalam hal ini kita isi pakai bahan murah meriah saja, pakai paranet saja…murah meriah.
  • Kemudian setelah air penuh di chamber 1, air mengalir ke chamber kedua melalui pipa overflow 1, sama seperti pada chamber pertama, air harus mengalir keatas melalui filter media kedua, yang dalam hal ini kita pakai jaring bekas nelayan, chamber kedua berfungsi sebagai filter mekanis juga, namun kalau di chamber pertama kita berharap untuk menangkap kotoran yang ukuran besar2, di chamber kedua ini kita berharap bisa menangkap kotoran yang lebih kecil. Jaring nelayan banyak dijual ditoko2 peralatan kolam, beli yang bekas ya…jangan yang baru, mahal…!
  • Setelah itu, prosesnya berlanjut menuju ke chamber ketiga, namun di chamber ketiga yang berfungsi sebagai filter biologis, kita pakai media filter bio ring. Taruh bioring didalam kantong2 supaya mudah kalau mau dibersihkan. Bioring ini dibuat dari bahan keramik yang memiliki pori2 kecil sehingga ideal untuk koloni bakteri pengurai. Proses penjernihan air ini disebut proses nitrogen cycle, ini menirukan bagaimana alam bekerja. Proses ini juga digunakan dalam aquaponik sederhana.
  • Air yang telah diurai oleh bakteri pengurai mengalir ke chamber 4 atau chamber pompa untuk kemudian dialirkan kembali kedalam kolam utama, di chamber ini juga bisa diletakkan UV filter dan heater juga diperlukan. Gambar sketsanya kira2 begini…
  • Ada baiknya kita menambahkan surface skimmer untuk menyedot kotoran yang mengapung dipermukaan kolam, surface skimmer baiknya masuk ke chamber kedua.
filter kolam koi
bottom drain

Bahan2 Untuk Membuat Kolam Koi

Seperti yang sudah kita singgung diatas bahwa kolam koi sederhana ini berukuran cukup besar bagi yang kebanyakan orang kira, karena itu material yang dipakai juga cukup banyak

Berikut ini adalah daftar bahan baku yang diperlukan beserta perkiraan harganya:

  1. Batu bata merah, kurang lebih butuh 2000 pcs, harga batu bata merah berkualitas bagus dikisaran 1000 rupiah. jadi total biaya untuk batu bata adalah 2 juta
  2. Pasir muntilan atau sejenis yang berkualitas bagus kurang lebih perlu 1 colt, harga 650 ribu
  3. Semen perlu 8 sak, harga per sak atau karung yang 50 kg kurang lebih 60 ribu, total 480.000
  4. Pralon 2 inch dan knee2 kurang lebih 200 ribu. karena ini mau ditanam paten dibawah tanah, pastikan pipanya kualitas bagus ya…
  5. Tenaga kerja 1 minggu, per hari kalau di Jepara 200 ribu, jadi total 1.2 juta

karena kolam ini rencananya dibangun dengan menggali tanah, maka dari itu kita tidak membutuhkan besi cor untuk rangka dinding2nya.

Menurut pengalaman kami cukup pakai batu bata dengan adukan semen sudah kuat karena dinding2nya ditopang oleh tanah disekitarnya. Kalau anda mau bikin yang model diatas tanah ya beda lagi ceritanya.

Untuk kebutuhan kolam sendiri berikut list kebutuhannya:

  1. Pompa, idealnya kapasitas pompa adalah 3 kali volume kolam. dalam hal ini kapasitas kolam kita adalah 300 x 120 x 100 cm = 3.6 meter kubik, jadi pompa yang ideal adalah yang mampu memompa air sebanyak 3.6 x 3 = 10.8 liter per jam, harganya kurang lebih 1 jutaan.
  2. Media filter, kurang lebih 500 ribuan.
  3. Aerator, 500 ribuan saja.
  4. Heater atau pemanas air, ini opsional sih, kalau mau suhu air stabil  biar ikan gak gampang sakit dan tumbuh maksimal ya pake, kalau nggak ya hidup juga kok dia. Heater kurang lebih harganya 400 ribuan.
  5.  Lampu UV ini fungsinya buat kontrol ganggang atau lumut yg larut dalam air. Harga lampu UV cukup mahal, sekitar 750 ribuan atau lebih tergantung watt nya.
  6. Aksesories kolam seperti lampu penerangan, tanaman2, air terjun dll, opsional ini…biaya budgetin 1 jutaan lah
  7. Ikan tentunya.

Total kebutuhan kurang lebih 6 jutaan kalau tanpa lampu, heater dan aksesories kolam. Belum termasuk ikan lho ya, kalau ini tergantung selera dan kantong, mulai 25 ribu sampai jutaan per ekor kalau ikan koi.

Langkah2 Pembuatan Kolam Koi Sederhana

  • Karena kita mau bikin kolam dibawah tanah, maka langkah pertama tentu menggali tanah,
  • Setelah tanah siap, langkah kedua adalah layout per pipa an. pastikan jaringan per pipaan jangan ada yang bocor ya.
  • Cor dasar kolam, usahakan permukaan lantai kolam miring ke arah central drain untuk memudahkan masuknya kotoran ke saluran buang
  • Pemasangan batu bata merah
  • Proses plester
  • Proses aci
  • Selesai

Kolam koi semen seperti rencana kita ini memang ada resiko kebocoran, namun dengan pengawasan yang baik kepada bapak2 tukang batu, dan juga kesabaran…resiko ini bisa diminimalisir kok.

Namun kalau memang sudah terlanjur jadi dan masih ada kebocoran yang tidak bisa ditemukan lokasinya, maka cat kolam bisa jadi solusi, water ponding coba cari di gugel, dijamin beres bocor2 dan rembes2, sayangnya harganya mahal selangit.

Persiapan Kolam Koi Sederhana

Setelah kolam anda jadi, jangan buru2 isi air dan masukin ikan, dijamin pasti mati semua ikan anda keracunan semen.

Langkah pertama adalah siapkan hati anda supaya sabar…tunggu semen kering betulan seminggu atau dua minggu, kemudian isi air untuk test kebocoran.

Kalau ada bocor ya  direvisi, kalau tidak ada kebocoran, masukkan batang pisang beberapa pohon. potong kecil2 sampai penuh kolam, ini berfungsi untu menghilangkan racun yang ada di proses plester dan acian oleh semen.

Hidupkan pompa sirkulasi air tapi jangan masukkan media filter dulu di tahap ini…diamkan seminggu minimal…

Setelah semingguan, kuras dan bersihkan kolam anda, masukkan media filter dan pompa2, isi air…tunggu lagi semingguan minimal dengan aerasi menyala penuh.

Kita harus menunggu atau mengusahakan supaya bakteri2 pengurai berkoloni dulu dalam jumlah yang memadai didalam media filter kolam kita.

Bakteri bisa tumbuh sendiri secara alami, namun perlu waktu kalau proses alami, nah untuk mempercepat proses, anda bisa memasukkan bakteri starter yang banyak dijual dipasaran.

Bisa pula pakai ikan “korban” yang murah2 saja seperti komet dan sejenisnya untuk memulai nitrogen cycle.

Air yang sudah matur biasanya ditandai dengan hidupnya jentik2 nyamuk. Kalau sudah mature alias siap airnya, kurangi separo dan isi dengan air baru, setelah itu ikan boleh masuk.

Koi memang bukan mainan murah, namun kalau anda memang hobi, kegiatan ini bisa menjadi obat stress yang ampuh lho, misal sambil ngopi dan liatin koi yang cantik2…asik kan…?

Makanya untuk meyakinkan pasangan anda untuk mengeluarkan budget yang lumayan itu, anda harus meng iming2i doi, bahwa nanti kalau setelah kolam jadi, anda tidak akan nakal lagi dan lebih sering dirumah. semoga berhasil dengan proyek kolam koi sederhana anda…